KELOMPOK 8

Nama                                       NPM

Eko Naryo Marwadi               201243500395

Ismanto                                   201243500421

Irpan Irawan                            201243500435

DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………….…………..                3

BAB 1  Pengantar Teknologi dan Informasi  ……………………………………                4

  1. Pengertian Komputer ……….………………………………………                 4
  2. Manfaat Komputer………………………………………………….                  7
  3. Hubungan Komputer Dengan Teknologi Informasi…………………                 10

BAB 2 Komputer : dari kalkulasi hingga komunikasi…………………………..                12

  1. Hidup Tanpa Komputer …………………………………………….                  12
  2. Mesin Proses Informasi ……………………………………………..                16
  3. Klasifikasi / pengelompokan computer………………………………                20
  4. Revolusi Komputer …………………………………………………                 26
  5. Revolusi Internet … …………………………………………………                30

Kesimpulan………………………………………………………………………                34

Daftar Pustaka            ……………………………………………………………………                37

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan inayah- Nya sehingga Makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Makalah ini dibuat sebagai pertimbangan dan pertanggungjawaban atas tugas kelompok “ Pengantar Teknologi Informasi “ yang telah disusun dan dipertimbangkan sebelumnya. Bahan – bahan dalam Makalah ini disusun berdasarkan beberapa yang terdapat dalam Internet, Buku, dan Lain-lain . Makalah ini dapat selesai berkat bantuan, saran , kritik maupun dorongan material dan spiritual . Oleh karena itu , penulis mengucapkan terima kasih kepada semua Rekan yang telah membantu menyelesaikan Makalah ini.

Penulis menyadari bahwa Makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu , penulis sangat mengharapkan kritik atau saran yang konstruktif untuk perbaikan pada masa yang akan datang dan penulis berharap semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi pihak – pihak yang memerlukan,

Jakarta,   Oktober 2012

Penulis

 

 

 

BAB 1
PENGANTAR TEKNOLOGI DAN INFORMASI

 

  1. PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Atau  dalam bahasa sederhanaKomputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Kata Computer awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, namun secara arti istilah “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Pengertian Komputer Menurut Beberapa Ahli :

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

–       Menerima input

–       Memproses input tadi sesuai dengan programmnya

–       Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

–       Menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders),komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :

–       Alat elektronik

–       Dapat menerima input data

–       Dapat mengolah data

–       Dapat memberikan informasi

–       Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)

–       Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan

–       Bekerja secara otomatis

Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja Pengertian Komputer itu sendiri akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti.

  1. 2.    MANFAAT KOMPUTER

Manfaat Komputer terdiri dari beberapa :

  1. Bidang Pendidikan

Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bahasa inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bisa berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD.

  1. 2.   Bidang Industri

Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses(control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi

  1. Bidang Ilmu dan Teknologi

Pada bidang IPTEK contohnya yaitu pada bidang pengembangan teknologi nuklir. Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi. Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing – masing molekul. Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah.Perjalanan ke ruang angkasa yang memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yang ada dalam pesawat

  1. Bidang Pemerintahan

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) di dunia telah semakin luas Hal ini dapat dilihat dari penggunaan ICT yang tidak terbatas pada bidang perdagangan saja, melainkan juga dalam bidang-bidang lain, seperti bidang pendidikan, bidang pertahanan dan keamanan negara, sosial dan sebagainya.Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT ini. Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output storage dan communication.Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan, dan karena peran pemerintah berkaitan dengan kepentingan publik maka segala sistem informasi yang dipergunakan harus memenuhi syarat efisien, efektif dan ekonomis.

  1. Bidang Bidang Kedokteran

Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakitdan menemukan obat yang tepat yaitu komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ – organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi yang harus mengeluarkan biaya lebih banyak.Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.

  1. Bidang Perjalanan

Komputer sekarang kebanyakan digunakan dalam bidang perjalanan yang digunakan untuk  pengaturan jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan penerbangan. Dengan menggunakan computer jadwal penerbangan sekarang lebih teratur dan tidak ruwet seperti halnya dengan yang diatur oleh manusia. Selain itu komputer sekarang juga banyak digunakan sebagai system pemesanan tiket online jadi para konsumen tidak perlu repot-repot lagi datang ke agen tiket pesawat melainkan hanya melalui internet dan setelah itu hanya dengan menunjukkan bukti pemesanan saja .

  1. 3.    HUBUNGAN  KOMPUTER DENGAN TEKHNOLOGI INFORMASI

 

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi  dalam kehidupan sehari hari sangatlah penting  terutama dalam hal terselenggaranya  era globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Semakin canggih dukungan teknologi semakin besar pula arus informasi dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Oleh karena itu selama ini dikenal asas “kebebasan arus informasi” berupa proses dua arah yang cukup berimbang yang dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain.

Namun pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh positif yang dapat dirasakan dengan adanya TIK adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya. Sebagai contoh manifestasi TIK yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronis (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dan masih banyak lagi.

Sedangkan pengaruh negatif yang bisa muncul karena adanya TIK, misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.

Pada hakikatnya teknologi diciptakan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sendiri berpengaruh terhadap sudut pandang masyarakat, namun kembali pula pada penilaian masyarakat, karena  masyarakat harus selektif dan bersikap kritis terhadap TIK yang berkembang sangat pesat, sehingga semua manfaat positif yang terkandung di dalam TIK mampu dimanifestasikan agar mampu membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat, dan efek negatif dapat lebih diminimalkan.

BAB 2

KOMPUTER : DARI KALKULASI HINGGA KOMUNIKASI

1. HIDUP TANPA KOMPUTER

Mungkin sebagian masyarakat dalam era globalisasi mendengar kata “ Hidup Tanpa Komputer “ pasti akan menjawab “ Tidak Bisa “. Karena Komputer sangat membantu dalam menyelesaikan tugas – tugas , dan dengan adanya komputer sangat mudah untuk mencari informasi – informasi penting hanya dengan duduk berdiam dirumah .

Seperti contoh di Negara Inggris bahwa berdasarkan hasil survei tanggal 11 Juli 2011 yang disponsori oleh Microsoft yang mengungkapkan bahwa 1 dari 4 warga Inggris mengklaim bahwa komputer mereka adalah “barang yang paling tak tergantikan dalam hidup mereka”.

Sementara, sepertiga responden lainnya mengatakan bahwa mereka menggunakan komputer lebih dari dua jam di malam hari, meskipun mereka juga telah memakainya sepanjang hari untuk keperluan pekerjaan.

Satu dari tujuh responden bahkan mengklaim bahwa salah satu cara ideal menghabiskan malam mereka adalah menjelajah dunia maya sambil meminum segelas anggur.

Lebih lanjut, jajak pendapat yang terhadap sekira dua ribu responden ini pun mengungkapkan bahwa 14 persen warga Inggris menilai laptop mereka sebagai bagian dari aksesoris pakaian. Sedangkan 25 persen mengatakan bahwa komputer mereka lebih menggambarkan kepribadian mereka ketimbang pakaian.

“Arti PC bagi konsumen saat ini sama seperti nilai mobil di abad 20,” papar ahli futurologi Dr Rachel Lawes seperti dikutip Telegraph, Senin (11/7/2011).
Sekira 68 persen responden serta 78 persen responden berusia 18 hingga 24 tahun mengaku lebih suka memiliki PC ketimbang televisi. Enam dari 10 responden bahkan rela menukar perangkat audio mereka dengan perangkat berbasis komputer dalam kurun tiga tahun ke depan.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/07/11/324/478467/25-warga-inggris-tak-bisa-hidup-tanpa-komputer.

Sejak dari tahun 1990an komputer sudah menjadi alat pembantu kita untuk kegiatan sehari-hari.

Dengan bergabungnya komputer dan internet di masa ini telah menjadi tangga tinggi untuk perkembangan teknologi di tahun-tahun yang akan datang. Kombinasi dari 2 benda ini dapat membuat tugas-tugas kita dengan cepat , effisien, dan effektif. Membuat perpindahan informasi dan komunikasi secara cepat dan hidup bersosialisasi juga menjadi erat dengan sesame

Komputer selain sebagai alat yang membantu pekerjaan manusia, juga dapat digunakan untuk memproses/memuat informasi dengan menggunakan internet. Internet adalah sebuah Jaringan computer raksasa yang menghubungkan jutaan computer diseluruh dunia. Pemanfaatan internet sudah menjadi kebutuhan informasi dan komunikasi. Dengan adanya internet, kita dapat dengan mudahnya dan capat mendapatkan berbagai macam informasi baik yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri, banyak layanan internet atau semacam berita yang banyak beredar di dunia maya contohnya yang ada di Indonesia seperti detik.com, kompas.com, okezone, dan masih banyak lagi layanan – layanan berita berita online yang berada di Indonesia, contoh lain dari luar negeri adalah seperti youtube contoh terbaru adalah gangnam style, dengan cepatnya gangnam style telah menjadi trend topic hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia, hampir semua kalangan dapat melakukan gerakan gangnam style, dan masih banyak contoh – contoh lainnya dengan layanan berita-berita tersebut kita bisa dengan mudahnya mendapatkan berbagai informasi yang kita inginkan dan yang kita butuhkan dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan sebuah kata yaitu internet, ini membuktikan bahwa computer adalah proses informasi, dewasa ini banyak informasi – informasi yang bisa kita dapatkan bisa dengan sebuah website, blog, weblog, atau dengan search engine seperti google atau yahoo, semuanya informasi dapat kita peroleh hanya dengan klik mouse.

Contoh – contoh portal web yang sering dikunjungi:

  1. 2.     MESIN PROSES INFORMASI

Mesin Proses Informasi Terdiri dari beberapa perangkat keras, salah satunya yang terpenting adalah CPU. CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit merupakan perangkat keras komputer yang juga disebut sebagai Unit Pengolah Pusat (UPP) pada komputer. Fungsi CPU sendiri adalah sebagai kalkulator, cuma perbedaaan antara CPU dan kalkulator, dimana CPU ini lebih kuat daya pemerosesnya bila dibandingkan dengan kalkulator biasa.

Adapun fungsi utama CPU adalah melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatika dan logika terhadap data yang datang dari memori atau informasi yang dimasukkan melalui perangkat keras, seperti papan ketik (Keyboard), pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

CPU merupakan suatu perangkat keras microprocessor yang memahami dan melaksanakan suatu perintah dari perangkat lunak, sebut saja prosesor (pengolah data). Microprocessor diproduksi dalam IC (Integrated Circuit), apa itu IC yaitu suatu komponen dasar terdiri dari resistor, transistor dan sebagainya, IC juga suatu komponen yang dipergunakan sebagai otak perangkat-perangkat elektronika. Pada unit komputer, IC yang dipakai adalah microprocessor, kita ambil salah satu contoh yaitu Intel Pentium 4 mempunyai frekuensi 1,8 trilyun getar perdetik, Intel Pentium 4 didalamnya terdiri dari 16 juta transistor, belum termasuk komponen lain, fabrikasi pembuatan microprocessor ini adalah 60 nm. Dulu waktu pertengahan abad 20 fabrikasi dari processor ini menggunakan semikonduktor yang menunjukkan bahwa alat ini bisa melakukan fungsi seperti dalam tabung vakum. Pengintegrasian transistor kecil dalam jumlah banyak ke sebuah chip yang kecil merupakan suatu peningkatan yang sangat besar bagi perakitan tube vakum seukuran jari. Karena ukurannya yang kecil dipercaya kecepatan “switch” serta konsumsi listrik menjadi rendah, serta bisa diproduksi dalam jumlah massal. Cuma butuh setengah abad kemudian, IC telah digunakan dimana-mana, di komputer, telepon selular dan peralatan digital lainnya, dan merupakan bagian dari trend masyarakat modern. Banyak skolar percaya bahwa revolusi digital yang dibawa oleh sirkuit terpadu merupakan salah satu kejadian penting dalam sejarah umat manusia.
CARA KERJA CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage), apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasarkan instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator.
Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
PERCABANGAN  INSTRUKSI

Pemrosesan instruksi dalam CPU dibagi atas dua tahap, Tahap-I disebut Instruction Fetch, sedangkan Tahap-II disebut Instruction Execute. Tahap-I berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit mengambil data dan/atau instruksi dari main-memory ke register, sedangkan Tahap-II berisikan pemrosesan CPU dimana Control Unit menghantarkan data dan/atau instruksi dari register ke main-memory untuk ditampung di RAM, setelah Instruction Fetch dilakukan. Waktu pada tahap-I ditambah dengan waktu pada tahap-II disebut waktu siklus mesin (machine cycles time).

Penghitung program dalam CPU umumnya bergerak secara berurutan. Walaupun demikian, beberapa instruksi dalam CPU, yang disebut dengan instruksi lompatan, mengizinkan CPU mengakses instruksi yang terletak bukan pada urutannya. Hal ini disebut juga percabangan instruksi (branching instruction). Cabang-cabang instruksi tersebut dapat berupa cabang yang bersifat kondisional (memiliki syarat tertentu) atau non-kondisional.
Sebuah cabang yang bersifat non-kondisional selalu berpindah ke sebuah instruksi baru yang berada di luar aliran instruksi, sementara sebuah cabang yang bersifat kondisional akan menguji terlebih dahulu hasil dari operasi sebelumnya untuk melihat apakah cabang instruksi tersebut akan dieksekusi atau tidak. Data yang diuji untuk percabangan instruksi disimpan pada lokasi yang disebut dengan flag.
BILANGAN YANG DAPAT DITANGANI

Kebanyakan CPU dapat menangani dua jenis bilangan, yaitu fixed-point dan floating-point. Bilangan fixed-point memiliki nilai digit spesifik pada salah satu titik desimalnya. Hal ini memang membatasi jangkauan nilai yang mungkin untuk angka-angka tersebut, tetapi hal ini justru dapat dihitung oleh CPU secara lebih cepat.
Sementara itu, bilangan floating-point merupakan bilangan yang diekspresikan dalam notasi ilmiah, di mana sebuah angka direpresentasikan sebagai angka desimal yang dikalikan dengan pangkat 10 (seperti 3,14 x 1057). Notasi ilmiah seperti ini merupakan cara yang singkat untuk mengekspresikan bilangan yang sangat besar atau bilangan yang sangat kecil, dan juga mengizinkan jangkauan nilai yang sangat jauh sebelum dan sesudah titik desimalnya. Bilangan ini umumnya digunakan dalam merepresentasikan grafik dan kerja ilmiah, tetapi proses aritmatika terhadap bilangan floating-point jauh lebih rumit dan dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih lama oleh CPU karena mungkin dapat menggunakan beberapa siklus detak CPU. Beberapa komputer menggunakan sebuah prosesor sendiri untuk menghitung bilangan floating-point yang disebut dengan FPU (disebut juga math co-processor) yang dapat bekerja secara paralel dengan CPU untuk mempercepat penghitungan bilangan floating-point. FPU saat ini menjadi standar dalam banyak komputer karena kebanyakan aplikasi saat ini banyak beroperasi menggunakan bilangan floating-point.
Cukup Sekian artikel tentang CPU dari saya.

 

  1. 3.    KLASIFIKASI / PENGELOMPOKAN KOMPUTER

Komputer Berdasarkan Data yang Diolah :

  • Komputer Analog

Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

  • Komputer Digital

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

  • Komputer Hybrid

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

Komputer Berdasarkan Penggunaanya :

  • Special Purpose Computer

Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

  • General Purpose Computer

Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

  • Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya

Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.

  • Small Scale Computer

Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

  • Medium Scale Computer

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .

  • Large Scale Computer

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

Komputer Berdasarkan Ukurannya

  •  Tower (menara)

adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansionslot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

  • Desktop / Personal Computer

adalah komputer yang ukurannya sedikit lebih kecil dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang banyak kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop.

  • Portable (mudah dibawa)

adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini dulunya ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur (sarjana sains), peneliti, dan sebagainya yang bertugas menyelesaikan suatu tempat tertentu atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.

  • Sub-notebook / Netbook

adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.

  • Notebook (buku catatan)

adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan saja, dimana sekarang banyak dipakai pelajar, mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, dan sebagainya. Notebook mempunyai ukuran yang hampir sama atau mirip dengan kertas kuarto,yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.

  • Palmtop

adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.

Komputer Berdasarkan Processor Komputer

  • Mainframe

adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.

  • Minikomputer

adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.

  • Personal Computer

adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program aplikasi saat tertentu.

Klasifikasi Komputer

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu:

1. Microcontroller

Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:

–       pemroses (processing)

–       Memori,

–       Input dan output

Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

2. Microcomputer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

3. Engineering Workstation

Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

4. Minicomputer

Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar

5. Mainframe

Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

6. Supercomputer

Komputer ini merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 4.    REVOLUSI KOMPUTER

Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.

Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.

Generasi Pertama

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.mulai pada tahun 1956.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.

Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

Generasi Ketiga

  • Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.

–       Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.

  • Sudah mulai menggunakan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat

  • Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
  • Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
  • Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
  • Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.
  • Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

 

 

 

 

Generasi Kelima

Komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia menggunakan masukan visual. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 5.    REVOLUSI INTERNET

Teknologi Internet yang selama ini kita gunakan bukanlah suatu teknologi instant dan ajaib yang mendadak tercipta. Banyak proses, waktu yang sangat panjang dan usaha kerja keras dari para tokoh – tokoh yang berdedikasi untuk kita ( para kaum muda ) untuk dapat dinikmati manfaat dan kegunaannya.

Pada Tahun 1961 Juli: Kertas Pertama pada Teori Packet Switching, Leonard Kleinrock, “Informasi Aliran dalam Jaring Komunikasi Besar.”, RLE Laporan Triwulan. Ini adalah pekerjaan teoritis yang meyakinkan Roberts bahwa paket dapat digunakan untuk internet.

Di Tahun 1962 Agustus: Kertas Pertama pada Konsep Internet oleh J.C.R. Licklider & Welden Clark, “On-Line Man Computer Communication”. Oktober: Program Komputer ARPA Begins, J.C.R. Licklider menjadi pertama ARPA IPTO Direktur. Menulis makalah internal pada Jaringan Galactic. Lick daun di 64. Itu konsep Licklider, yang mendorong Roberts untuk membangun Internet.

Tahun 1964 Buku – Nets Komunikasi oleh Leonard Kleinrock menyediakan desain jaringan dan teori antrian yang diperlukan untuk membangun jaringan paket. Karya ini merupakan faktor utama dalam merancang jaringan komunikasi untuk ARPANET.

Tahun 1965 Oktober: Percobaan Jaringan Pertama Aktual, Lincoln Labs TX-2 terkait dengan SDC ini P32, Lawrence Roberts, MIT Lincoln Labs. Penelitian ini adalah pertama kalinya dua komputer berbicara satu sama lain dan paket pertama kali digunakan untuk berkomunikasi antar komputer.

Tahun 1969 April: Request For Comments (RFC) # 1, “Host Perangkat Lunak” rilis, ditulis oleh Steve Crocker, meliputi Host-to-Host protocol, output pertama dari Jaringan Kelompok Kerja (NWG). Crocker telah diminta oleh ARPA untuk mengumpulkan tim, NWG, untuk merancang dan menentukan Protocol host pertama. Ini adalah usaha besar, membutuhkan kejelian yang cukup ke dalam aplikasi yang mungkin datang di Internet.

Tahun 1971 September: Terminal Antarmuka Pertama Processor (TIP) di ARPANET memungkinkan terminal untuk langsung dial ke jaringan, sangat meningkatkan pertumbuhan jaringan.

Tahun 1972 Maret: Pertama Program Email dasar, SNGMSG dan READMAIL ditulis oleh Ray Tomlinson di BBN. Surat spooled keluar seperti cetakan teletype. Juni: Lawrence Roberts menerbitkan teori untuk ALOHA Slotted, peningkatan dua kali lipat dalam efisiensi untuk transmisi paket acak oleh beberapa operator.  Sekarang dasar standar WiFi. Juli: Email Program Manajemen Pertama, RD ditulis oleh Larry Roberts di ARPA untuk daftar pesan yang masuk dan forwarding dukungan, pengarsipan, dan menanggapi mereka.

Tahun 1975 Maret: Ethernet Paten diajukan di Xerox PARC dirancang oleh Robert Metcalfe. Bob telah memperluas konsep packet radio ALOHA dan diterapkan ke kabel.

Tahun 1983 ARPANET dikonversi untuk menggunakan TCP / IP. DCA Splits MILNET off dari ARPANET meninggalkan 68 node pada ARPANET dan 45 pada MILNET, jaringan militer. November: Domain Name System (DNS) Dirancang oleh Jon Postel, Paul Mockapetris, Craig Partridge dan untuk mendukung ruang pengalamatan, menciptakan edu, gov, com, mil, org, bersih, & int.

Tahun 1986 NSF backbone NSFNET Mengorganisir untuk menghubungkan lima pusat superkomputer dan interkoneksi semua situs Internet lainnya pada 56 KB.

Tahun 1977 Oktober: Pertama TCP Operasi di ARPANET, Packet Radio Net, dan SATNET (jaringan satelit).

Tahun 1978 Maret: TCP Membagi menjadi TCP dan IP oleh Vinton Cerf, Jon Postel, dan Danny Cohen, di mana TCP adalah L4 end-to-end proses dan IP adalah L3 jaringan routing proses.

Tahun 2003 Juli: Caspian Networks memperkenalkan router aliran pertama di mana semua TCP / IP arus dikelola untuk mengendalikan laju dan penundaan, akhirnya mendapatkan Kualitas sebenarnya dari layanan (QoS) menggunakan TCP / IP IPv4. Biaya mengurangi memori diizinkan negara aliran dipertahankan selama aliran setiap tanpa kehilangan skalabilitas. Hal ini juga diizinkan lalu lintas P2P harus dikontrol agar tidak menggunakan sumber daya jaringan yang berlebihan.

Dan Tahun 2007 Anagran merilis FR-1000, aliran IP pertama sistem manajemen untuk secara akurat mengendalikan laju setiap aliran TCP dan dengan demikian dapat mencampur data, suara dan video dalam satu jaringan tetap menjaga antara 90% dan pemanfaatan 99%.

Berikut ini beberapa tokoh pioneer yang berjasa dalam perkembangan teknologi internet adalah :

Vannevar Bush

Pencipta Memex, teknologi mekanik komputerisasi pertama. Sekarang memex kita kenal sebagai Keyboard

Claude Shannon

Dikenal dunia dengan sebutan bapak dari teori informasi moderen saat itu. Beliau merupakan pencetus dan pencipta BTS ( Base Transmission Unit ), dan switching relay. Tanpa jasa beliau ini, kita ( para kaum muda ) tidak akan bisa berkomunikasi mobile / handphone pun tidak tercipta.

J.C.R. Licklider

Beliau merupakan pencipta sekaligus pencetus simbol – simbol dalam teknologi jaringan ( networking ) dan dijadikan standar international. Tanpa jasa beliau, visio maupun software software sejenis yang kategori fungsinya untuk menggambar topology jaringan ( networking ) tidak akan pernah ada.

Paul Baran    

Pencipta sekaligus pencetus teknologi survivable communications networks yang saat itu merupakan bagian dari project SAGE RADAR DEFENCE SYSTEM. Teknologi ini sekarang dikenal dengan radar pertahanan militer.

 

 

Ted Nelson

Semasa hidupnya beliau sering disepelekan dan ide – idenya dianggap ide tidak masuk akal. Beliau merupakan pencetus ide tentang world wide electronic publishing system yang kemudian dikembangkan oleh TIm Berners-Lee’s menjadi teknologi world wide electronic publishing system, yang sekarang dikenal dengan EMAIL. tanpa jasa serta ide dari beliau, teknologi email berikut turunannya seperti mail server tidak akan tercipta.
Leonard Kleinrock

Lulusan UCLA dengan gelar Ph.D menemukan sekaligus menciptakan teknologi network measurement center. Teknologi yang dapat mengukur performance dari kemampuan suatu jaringan data ( networking ). Sekarang teknologi ini sudah banyak berkembang dan dikenal dengan istilah “Networking Monitoring”.
Lawrence Roberts

Beliau merupakan pencetus dunia digital networking (digital network communication) atau yang dikenal dengan WAN ( world Area Network ). Kontribusi beliau tidak hanya di teknologi digital WAN, tetapi pencipta dari teknologi X.25 networking system.

 

 

KESIMPULAN

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Atau  dalam bahasa sederhanaKomputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Dalam hal ini Komputer sangatlah berguna dalam membantu pekerjaan manusia seperti contoh : Input data dan Output data. Contoh dalam kehidupan sehari-hari dalam penggunaan computer : pengetikan surat,Database penjualan.

Jika kita berbicara tentang computer yang terhubung dengan internet, fungsi computer akan sangat menjadi nilai tambah. Seperti contohnya dalam hal pengiriman email,system/program yang menggunakan internet akan lebih efektif,efisien dan real time.

Komputer terbagi menjadi beberapa klasifikasi/pengelompokan computer :

Komputer Berdasarkan Data yang Diolah :

  • Komputer Analog
  • Komputer Digital
  • Komputer Hybrid

Komputer Berdasarkan Penggunaanya

  • Special Purpose Computer
  • General Purpose Computer

Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya

  • Small Scale Computer
  • Medium Scale Computer
  • Large Scale Computer

Komputer Berdasarkan Ukurannya

  •  Tower(menara)
  • Desktop / Personal Computer
  • Portable(mudahdibawa)
  • Sub-notebook / Netbook
  • Notebook(bukucatatan)
  • Palmtop

Komputer Berdasarkan Processor Komputer

  • Mainframe
  • Minikomputer
  • Personal Computer

Klasifikasi Komputer

Klasifikasi komputer terbagi atas enam, yaitu:

1. Microcontroller

2. Microcomputer

3. Engineering Workstation

4. Minicomputer

5. Mainframe

6. Supercomputer

Teknologi Internet yang selama ini kita gunakan bukanlah suatu teknologi instant dan ajaib yang mendadak tercipta. Banyak proses, waktu yang sangat panjang dan usaha kerja keras dari para tokoh – tokoh yang berdedikasi untuk kita ( para kaum muda ) untuk dapat dinikmati manfaat dan kegunaannya.
Berikut ini beberapa tokoh pioneer yang berjasa dalam perkembangan teknologi internet adalah :

  • Vannevar Bush
  • Claude Shannon
  • J.C.R. Licklider
  • Paul Baran    
  • Ted Nelson
  • Leonard Kleinrock
  • Lawrence Roberts

DAFTAR PUSTAKA

  1. Jogiyanto, H.M, 1990, Pengenalan Komputer, Andi offset, Yogyakarta
  2. http://www.scribd.com/doc/16890796/Manfaat-Komputer
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
  4. http://agildisini.blogspot.com/2012/08/manfaat-komputer-untuk-kehidupan-sehari.html
  5. http://www.aingindra.com/2012/04/manfaat-tik.html
  6. http://merahitam.com/pengertian-komputer-apa-itu-komputer.html
  7. http://buccuq.blogspot.com/2012/02/perubahan-paradigma-dan-revolusi.html
  8. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/revolusi-komputer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: