KELOMPOK 5

Di Susun oleh kelompok 5 kelas 1XE :

  1. YUSUF  TRI  PERMADI                            201243500409
  2. HANI  PERDANA                                       201243500390
  3. YUSRON  FAHMI                                      201243500391

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas petunjuknya akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.

Makalah ini dibuat oleh penulis guna memenuhi tugas mata kuliah “Pengantar Teknologi Informasi”. Adapun isi dari makalah ini hal yang berkaitan dengan Pengantar Teknologi Informasi; seperti definisi Internet, jaringan Internet, aplikasi internet, internet dalam jaringan luas, Perkembangan Internet, dan masalahnya.

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah ini. Selain itu penulis memohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam penyusunan makalah ini dan penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun bagi penulis

Jakarta, Oktober 2012

Penulis

­­­­­

DAFTAR ISI                                                                                                                           HAL

KATA PENGANTAR ……………………………..…………………………………..….1

PENDAHULUAN            ……………………………………………………………………………..3

BAB IX. INTERNET DAN WWW

v Pengertian dan Sejarah Internet            ………………………………………………………4

v Internet Masa Kini            ………………………………………………….…………………6

v Internet: Jaringan dari jaringan             ……………………………………………….…….11

v Aplikasi internet            ………………………………………….………………….……..16

v Perkembangan Internet            ……………………………………….……………..…….21

BAB  X. INFRASTRUKTUR INFORMASI

v Perkembangan E-mail            …………………………….……………………………….….…..24

v Sejarah Perkembangan E-mail            ………………………………………………….…25

v Masalah Internet            ……………………………………………………………………30

v Cyberspace             ……………………………………………………………………………42

v SPAM      ……………………………………………………………………………………47

v Phising            …………………………………………………………………………….48

v SCAM             …………..………………………………………………………………..55

v CARDING            …….……….……………………………………………………………..56

KESIMPULAN            ……………………………………………………………………………………………………..58

DAFTAR PUSTAKA             …………………………………………………………………………………………..59

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Dalam Era Globalisasi ini kita sudah tidak asing dengan kata  INTERNET.  Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai Jenis Jaringan Komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan.

Kerugian dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.

Perkembangan internet ini samgatlah pesat, sehingga membawa pengaruh besar terhadap dunia software dan hardwarenya karena semua itu juga saling berkaitan dengan aplikasi-aplikasinya yang berkapasitas memory besar sehingga mempermudah cara kerja komputernya dan akses internet lebih maksimal. Kini persaingan pasar dunia sangatlah banyak dengan itu untuk marketnya  tak perlu waktu dang energy berpergian jauh, melaikan dengan akses internet yang lebih cepat, efektif, akurat, dan terpercaya semua bisa terwujud dengan cepat karena internet.

  1. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan  latar belakang masalah di atas dapat di rumuskan suatu masalah yaitu :

“memperdalam ilmu jaringan komputer agar tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif dan selalu update tentang berita teknologi informasi”.

  1. BATASAN MASALAH

Batasan masalah yang kami rangkai yaitu mengenai pengertian internet, aplikasi internet, jaringan internet, masalah / kejahatan internet atu dalam dunia maya.

  1. TUJUAN PENULISAN

Tujuan penulisan makalah yang  kami buat ini adalah share/berbagi ilmu dan mempresentasikan  kepada teman-teman mengenai internet dengan segala problemnya untuk bisa mengimplementasikan  dan belajar lebih dalam mengenai kejahatan dunia maya  atau dampak positif yang terdapat dalam internet.

  1. METODE/PENDEKATAN

Pada makalah ini tersusun dari berbagai sumber  yang  aktual dan terpercaya, sehingga tidak perlu diragukan lagi tentang isi/informasinya yang terdapat dalam makalah, sehingga memudahkan pembaca lebih paham dan mengerti bila mana terjadi kesulitan pada saat ingin mengerjakan tugas individu, kelompok, test ujian, dll.

BAB IX. INTERNET  DAN WWW

PENGERTIAN INTERNET

Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

 

 

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

 

Internet pada saat ini

Representasi grafis dari jaringan WWW (hanya 0.0001% saja).

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, dan lain sebagainya.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

 

 

Isu moral dan undang-undang

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.

Akses Internet

=

Anak-anak sedang menggunakan komputer untuk mengakses Internet.

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “jebakan” agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan

koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh

Penggunaan Internet di tempat umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.

Jaringan Internet – Pengertian Jaringan Internet. Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan “Dunia di Gemgaman Tangan Anda”, salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah Internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Department of Defense USA) membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) dengan tujuan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada dibeberapa universitas melakukan riset militer, terutama untuk membangun jaringan

komunikasi komputer yang mampu bertahan terhadap serangan nuklir. Jaringan ini berkembang terus, semakin banyak komputer yang terlibat, dan riset disisi pengembangan perangkat lunak juga berkembang. Pada bulan Mei tahun 1974, Vinton G.Cerf dari Stanford University dan Robert E.Kahn dari Departemen Pertahanan USA, mempublikasi sebuah paper di IEEE Transaction on Communication berjudul “A Protocol for Packet Network Intercommunication”, konsep ini kemudian populer sebagai protokol TCP/IP, ketika ARPANET meng-adopsi protokol menjadi protokol standard untuk ARPANET pada tahun 1983. Pihak universitas terutama University of California at Berkeley kemudian membangun sistem operasi Berkeley Software Distribution Unix) atau BSD UNIX (dikenal dengan nama Free BSD Unix) dan pihak departemen pertahanan membiayai Bolt Baranek dan Newman (BBN) untuk meng-implementasi protokol TCP/IP pada BSD Unix untuk diterapkan pada ARPANET, dengan demikian cikal-bakal internet terbentuk.

Pada penghujung tahun 1983, jaringan ARPANET dibagi dua menjadi DARPANET (Defence ARPANET) dan MILNET (MILitary NETwork). Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset perguruan tinggi. Pada tahun 1988 jaringan backbone internet ini hanya berkapasitas 56 Kbps. Walaupun pada tahun 1990 secara resmi ARPANET ditutup, namun jaringan internet yang telah terbentuk diteruskan oleh pihak universitas di Amerika dan memasukkan jaringan universitas di benua Amerika (Kanada dan Amerika Selatan) serta jaringan di Eropa menjadi bagian dari internet. Pada tahun 1992 jaringan backbone ditingkatkan ke T3 dengan kecepatan 45 Mbps, dan disekitar tahun 1995 ditingkatkan lagi menjadi OC-3 pada kecepatan 155 Mbps. Kini backbone internet berkecepatan tinggi dalam order Gbps.

Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology, menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching, kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell), di Chicago (Ameritech), New Jersey (Sprint), dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington, D.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet.

Walaupun tidak ada organisasi yang memiliki internet, namun ada banyak organisasi yang memelihara jaringan ini melalui penetapan standarisasi protokol, aturan-aturan, serta metoda akses. Internet Engineering Task Force (IETF) menangani masalah-masalah teknis yang timbul di internet,  seperti masalah pada protokol, arsitektur dan pengoperasian internet. Internet Research Task Force (IRTF) menangani riset teknis, seperti sistem pengalamatan dan rekayasa lainnya. Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur pembagian alamat IP (IP#) ke berbagai negara dan organisasi. Internet Society (ISOC) menangani masalah administrasi dan struktur organisasi internet.

Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet, dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL), Australia OnLine, CompuServe, GEnie, dan Prodigy. Di Indonesia ada TelkomNet, IndosatNet, Wasantara Net, InterNux, dan sebagainya. ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon, koneksi wireless melalui antena WLAN, atau koneksi ADSL melalui telepon. Protokol koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol), dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP.

GAMBAR: Koneksi ke Internet

Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi

melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik (seperti 192.168.10.25). Tipe domain standar antara lain:

.com = organisasi komersil

.edu  = institusi pendidikan di Amerika

.ac    = institusi akademik

.gov  = institusi pemerintah

.mil   = organisasi militer

.net   = penyedia akses jaringan

.org   = organisasi non-profit

Disamping itu domain juga dibagi berdasarkan negara, misalnya:

.au    =  Australia

.ca    =  Kanada

.id     =  Indonesia

.jp     =  Jepang

.my   =  Malaysia

.sw   =   Swedia

.th     =  Thaila

Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN dan internet

Jaringan Komputer secara umum ada 5 macam, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan Wireless (tanpa kabel). Sebenarnya, konsep dari Jenis Jaringan Komputer sama, yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologis-nya (mencakup wilayah dan area jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, dan sistem keamanan (security) yang berbeda). Jadi, saya akan memaparkan tentang ke-5 Jenis Jaringan Komputer menurut sumber-sumber yang saya dapatkan, baik dari para guru SMK N 3 Singaraja dan softcopy maupun hadrcopy yang saya miliki.

* LAN (Local Area Network)

gambar: contoh Jaringan LAN

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

* MAN (Metropolitan Area Network)

gambar: contoh jaringan MAN

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

* WAN (Wide Area Network)

gambar: contoh jaringan WAN

Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

* Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai Jenis Jaringan Komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan

Kerugian dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.

* Wireless (Tanpa Kabel)

Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Keuntungan Jenis Jaringan Wireless seperti kenyamanan untuk terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel, lebih ke arah pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, dan tidak terlalu memerlukan kabel jaringan.

Kerugian Jenis Jaringan Wireless seperti transmisi data kepada para pengguna yang lebih lambat dari penggunaan jaringan dengan kabel, memerlukan keamanan yang ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos ke dalam jaringan Wireless.

Aplikasi Internet

 

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Di bawah ini adalah berbagai aplikasi internet.

1. Beberapa Aplikasi yang Paling Banyak Dikenal dan

Digunakan yaitu:

 

a. World Wide Web (www)

Merupakan aplikasi yang paling penting karena dapat dimanfaatkan untuk

berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di

server-server yang terdapat di seluruh dunia.

b. Electronic Mail (email)

Adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam

bentuk elektronik.

c. Mailing List (Milis)

Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar

informasi dalam satu kelompok melalui email.

d. Newsgroup

Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan

yang lain dalam sebuah forum.

e. Internet Raly Chart (IRC)

Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet

yang dikenal dengan istilah chatting.

f. File Transfer Protocol (FTP)

Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau

mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain dengan lebih cepat.

g. Telnet

Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang

letaknya jauh.

 

h. Gopher

Adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang ada di

internet.

 

i. Ping

Adalah singkatan dari Packet Internet Gopher.Ping digunakan untuk

mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan

(terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

 

2. Hardware (Perangkat Keras) yang Diperlukan untuk Menyambung

Komputer ke Internet yaitu:

 

1. Personal Komputer

2. Modem

3. Tower Internet

4. Access Point

5. Kamera Internet

6. Headset

7. Telepon

3. Fungsi Internet

Secara umum, ada beberapa hal pokok yang biasa dilakukan di internet, yaitu:

a. Memperoleh informasi.

b. Berkirim-kiriman surat.

c. Chatting.

d. Melakukan transaksi dagang.

e. Berdiskusi.

f. Memasang iklan baris.

4. Adapun Kegunaan Internet:

a. Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah.

b. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, misalnya koran nasional dapat dicetak  didaerah, koran masuk internet.

c. Sebagai media promosi.

d. Sarana komunikasi interaktif.

e. Sebagai alat Research dan Development.

f. Sarana untuk pertukaran data.

5. Sistem Penyambung Komputer dengan Internet

a. Perangkat keras untuk Mengakses ke internet.

1) Modem.

2) Telepon.

3) Perangkat Lunak.

a) Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator.

b) Cute FTP, Go Zilla dan WSFTP.

c) IRC.

d) Outlook Express.

4) Internet Service Provider.

6. Cara Menghubungkan Komputer ke Internet

a. Melalui jaringan.

b. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up).

c. Menggunakan jaringan GPRS.

d. Melalui WiFi.

e. Menggunakan jaringan TV Kabel.

f. Menggunakan Wireless Broadband.

7. Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer,

antara lain:

a. Membagi sumber daya. Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya

yang berupa perlengkapan komputer seperti printer, maupun sumber daya

yang berupa data-data.

b. Reliabilitas tinggi. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk

mencopykan data-data ke dua atau tiga komputer.

c. Menghemat uang. Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat

menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer dapat dipakai

oleh beberapa orang.

d. Sebagai sarana komunikasi. Jaringan dapat dimanfaatkan misalkan untuk

pengumuman rapat pimpinan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua

staf-stafnya, ckup dengan mengirimkan undangan melalui jaringan komputer

yang ada.

 

 

 

 

8. Internet Service Provider

Apakah Internet Service Provider itu?

 

Perusahaan jasa layanan internet disebut Internet Service Provider (ISP). ISP

yang ada di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet

Indonesia (APJII). Karena banyak ISP yang ada, maka perlu memilih yang

memberikan layanan terbaik dan cocok bagi kita, kriteria dalam memilih ISP tersebut

adalah:

a. Kecepatan transfer data.

b. Bandwith.

c. Memiliki server proxy.

d. Memiliki Backbone.

e. Keamanan data.

f. Layanan yang diberikan.

g. Biaya.

h. Hardware.

i. Teknologi yang digunakan.

9. Memulai Koneksi ke Internet

Setelah mengatur koneksi ke internet, kita dapat menghubungkan komputer

kita ke internet. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

a. Carilah shortcut TelkomNet Instant di dekstop. Klik dua kali shortcut

tersebut. Kotak dialog Connect TelkomNet akan ditampilkan.

b. Klik tombol Dial.

c. Kadang-kadang proses koneksi bisa gagal, hal ini disebabkan jalur telepon

yang sibuk dan sebagainya, jika hal ini terjadi klik Redial.

d. Bila proses koneksi berhasil, maka akan dilakukan proses verifikasi

username dan pasword. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

e. Bila proses verifikasi username dan password berhasil, maka akan

dilakukan registrasi komputer kita ke internet. Tunggu sampai proses tersebu

selesai.

f. Bila proses registrasi selesai

10. Mengakhiri Koneksi ke Internet

 

Apabila kita sudah selesai bekerja dengan internet, maka kita harus

memutuskan koneksi komputer kita ke internet. Jika tidak maka jumlah tagihan kita

akan terus berjalan.

Langkah-langkah untuk memutuskan koneksi ke internet adalah sebagai

berikut:

a. Klik ikon TelkomNet di taksbar. Kotak dialog akan ditampilkan.

b. Pada kotak dialog kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses.

Klik tombol Disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol

Cancel untuk kembali bekerja dengan internet.

11. Menjalankan Web Browser

 

Menjelajahi World Wide Web (WWW) merupakan tahapan yang paling

mengasyikkan karena kita akan menelusuri alamat-alamat web yang kita inginkan

sambil mencari informasi yang kita butuhkan.

Web bowser adalah suatu program atau software untuk menjelajahi internet

atau untuk mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan didalam

komputer.

a. Browsing

 

Adalah kegiatan menjelajahi internet.Menjelajahi internet memiliki pengertian

mengunjungi website-website yang ada di internet.Untuk dapat menjelajahi

internet, kita harus menjalankan program browser.Sama dengan program-program

aplikasi Windows lainnya, kita dapat menjalankan Internet eksplorer dengan dua

cara, yaitu:

(1) Mengklik shortcut Internet Explorer di dekstop, dan

(2) Mengklik ikon Internet Explorer dari menu Start

b. Pengertian URL dan Homepage

 

URL (Univrsal Resource Locator) adalah alamat sebuah dokumen atau sumber

lainnya di internet yang diawali oleh protocol, seperti http atau ftp yang diikuti

alamat IP (Internet Protocol) atau nama domain.

Homepage adalah halaman pertama sebuah situs web (web site) yang berisi menu

dan link ke halaman-halaman lainnya di internet.

c. Istilah-Istilah Dasar Internet

 

Beberapa istilsh internet yang umum adalah sebagai berikut:

1. Intranet, adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil.

2. Browser atau Web Browser, adalah program yang digunkan untuk

mengakses internet.

3. HTML, adalah kode-kode yang digunakan untuk membuat sebuah

halaman web.

4. Server, adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer

lain (komputer client).

5. Client, adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang

berfungsi sebagai penerima layanan.

6. Bandwith, adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk

mentransfer data dalam jangka waktu tertentu.

7. Search Engine, adalah program website tertentu yang kita gunakan

untuk mencari informasi yang ada di internet.

8. URL (Uniform Reseource Locator), adalah sistem pemberian nama

alamat website.

8

9. Website, merupakan kumoulan dari halaman-halaman web yang

mempunyai saling keterkaitan.

10. Homepage, adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah

website.

11. Web Page, merupakan istilah yang digunakan mengacu kepada

sebuah halaman web.

12. Hypertext Link (Hyperlink) atau Link, adalah sbuah teks, gambar

atau tombol di halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web

atau file-file lain.

13. ISP (Internet Service Provider), adalah perusahaan yang berfungsi

sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet.

14. Program Dial-Up, adalah program yang terdapat di komputer yang

berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer

dengan pembeli jasa layanan internet.

15. Offline, merupakan kondisi dimana koneksi komputer kita ke

internet dalam keadaan terputus.

16. Online, merupakana kondisi dimana koneksi komputer kita ke

internet dalam keadaan tersambung.

17. Log in, adalah proses pemasukkan user dan password.

18. Log Out, adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya

diakses oleh orang yang memiliki otoritas.

19. Protokol, adalah aturan-aturan yang ada untuk malakukan tugas

tertentu.

20. HTTP (HyperText Transfer Protocol), adalah protokol yang

digunakan untuk mempertukarkan informasi di internet.

21. POP (Post Office Protocol), adalah protokol yang digunakan untuk

mengambil email yang disimpan diserver di internet atau sebuah ISP.

22. Download, adalah proses pengambilan file dari sebuah komputer

server di internet ke komputer yang kita gunakan (komputer client).

9

23. Upload, adalah proses penempatan file dari komputer kita ke

sebuah komputer server di internet.

24. Shareware, adalah program komputer di internet yang dapat kita

download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.

25. GIF (Graphical Interchange Format), adalah suatu format file

gambar GIF mempunyai ukuran yang kecil sehingga banyak digunakan

sebagai format gambar yang ditempatkan di internet.

26. JPEG, merupakan format file gambar yang banyak digunakan di

internet, file JPEG juga mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih

banyak dibanding dengan GIF.

d. Alamat Website

 

Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu.Biasanya alamat website

mempunyai hubungan dengan lembaga atau organisasi pemilik wibesite tersebut.

Sebuah alamat wibesite merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama

host, dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri dari perusahaan atau nama

website beserta kode-kode yang menjelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik

website tersebut.

 

PERKEMBANGAN INTERNET

 

Perkembangan Internet yang Terpenting

1. Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

2. Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet. Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

3. Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Internet & generasi yang akan datang

Dalam World Economic Forum yang digelar di Swiss beberapa waktu lalu, dibahas mengenai peran internet dalam lima tahun mendatang. Forum yang juga dihadiri oleh Chairman Microsoft, Bill Gates ini seakan ingin menunjukkan kedigdayaan dari kekuatan internet di dunia. “Dalam lima tahun mendatang, internet diperkirakan akan mengubah peran televisi” demikian pernyataan Bill Gates. Sebuah tantangan tersendiri bagi dunia pertelevisian, mengingat makin maraknya konten video online, penggabungan fungsi PC dan akses internet yang berkecepatan tinggi. Bill Gates melanjutkan, “Saya terperanjat mengetahui konsumen mulai berangsur tidak menonton melalui pesawat televisi lagi dan mungkin lima tahun lagi orang akan menertawakannya.” Dulu Bill Gates pernah mengemukakan bahwa PC akan mengisi di setiap rumah di dunia…, dan hal itu sekarang telah menjadi kenyataan. Kini apakah pernyataan Bill Gates akan menjadi kenyataan kembali? Kita tunggu jawabannya 5 tahun mendatang (www.andriewongso.com, 31 Januari 2007)

Pernyataan Bill Gates di atas sangat beralasan melihat perkembangan internet dewasa ini. Maka dari itu, penulis ingin memimpikan suatu hari nanti di Indonesia, alangkah indahnya jika internet bisa diakses di setiap rumah tanpa harus menggunakan kabel telepon dan dengan biaya yang murah. Sebagaimana halnya dengan pemakain hanphone saat ini, demikian juga hendaknya dengan internet. Walaupun sekarang sudah ada fasilitas internet seperti itu, namun yang bisa menikmati hanya beberapa persen dari masyarakat kita dan tentunya dari kalangan tertentu saja.

Bila perusahaan-perusahaan telekomunikasi nasional bisa mewujudkan sebuah karya dimana internet bisa diakses di setiap rumah di Indonesia dengan mudah dan murah, maka efeknya akan sangat dahsyat bagi masyarakat. Dengan bekerjasama dengan perusahaan produsen PC, kemudian berkolaborasi menciptakan, mengembangkan dan memasarkan produk super inovatif, “Paket PC plus Internet” berbasis teknologi satelit kepada seluruh lapisan masyarakat, maka akan menciptakan sebuah fenomena baru di dunia teknologi informasi Indonesia. Selain akan meningkatkan kecerdasan masyarakat karena masyarakat akan menjadi semakin melek teknologi dan informasi, juga akan menciptakan ladang bisnis baru seperti kursus komputer, kursus internet, jasa servis komputer, jasa periklanan dunia maya, dan lain-lain. Dan yang terutama harus direalisasikan adalah penyediaan komputer murah dengan sasaran pasar kalangan menengah ke bawah. Dalam beberapa tahun terakhir, hanphone telah memasyarakat hingga ke seluruh pelosok negeri, sekarang tiba giliran internet. Why not?

Seandainya semua itu bisa terwujud, maka kita bisa mengakses informasi apapun yang kita perlukan dari rumah, berkirim e-mail antar rumah, chatting dengan tetangga dan teman, belajar kelompok online, barter data/informasi, melakukan transaksi jual beli kebutuhan rumah tangga online, trading valas, e-commerce, mengakses berita di seluruh penjuru dunia, melakukan survei online, berkomunikasi dengan netter di berbagai belahan dunia, dan hal lain yang akan sangat memudahkan kita dalam kehidupan. Dengan begitu, dunia akan terasa makin kecil dan petualangan di dunia maya akan menjadi sebuah petualangan paling mengasyikkan bagi siapapun.

Bagi praktisi bisnis, dengan beriklan di internet yang telah merakyat tentunya akan sangat efektif dan efisien. Praktisi pendidikan juga akan sangat diuntungkan untuk keperluah pencarian data, makalah ilmiah, dan informasi kependidikan global. Begitu juga dengan lembaga lain yang membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat.

 

BAB X. INFRASTRUKTUR INFORMASI

 

         Perkembangan E-Mail

MENURUT data dari situs http://www.royal.pingdom.com, saat ini diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau yang lebih populer disebut dengan email di seluruh dunia. Para penggunanya pun bervariasi mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, profesor, pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar, pengusaha, menteri sampai presiden.

Di antara sekian banyak penggunanya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui sejak kapan email digunakan dan siapa orang pertama yang menciptakannya. Berikut akan dipaparkan sepintas sejarah awal terciptanya email beserta seluk beluknya.

Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”. Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional. Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka.

Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.

            Sejarah Perkembangan E-Mail

Anda pengguna internet pasti memiliki e-mail bukan? E-mail yang sering digunakan oleh kita dalam segala bentuk kegiatan dalam internet berfungsi sebagai alamat dan identitas kita dalam dunia maya. E-mail memang menjadi sesuatu yang populer karena cara mendaftar dan menggunakannya cukup mudah. Menurut salah satu data dari situs http://www.royal.pingdom.com, sekitar 1,3 miliar pengguna e-mail tersebar di seluruh dunia. Namun hanya sedikit sekali yang mengetahui tentang bagaimana email tercipta. Disini kami akan menjelaskan sedikit entang sejarah perkembangan e-mail. sejarah awal dari e-mail sangat berkaitan dengan awal terciptanya internet yaitu ARPANET, kenapa? Karena email adalah suatu metode yang memang dibuat untuk menunjang komunikasi komputer yang telah terkoneksi dengan ARPANET, dibuat oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971 dalam project SNDSMG. Sebenarnya konsep yang digunakan adalah dengan meninggalkan pesan pada suatu mesin. Simpel memang, namun Ray terus mencoba menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga akhirnya pengiriman pesan dapat dilakukan dalam jaringan ARPANET, dan percobaan pengiriman pertama yang Ray lakukan dengan e-mail adalah “QWERTYUIOP”.

Kemudian setahun setalah pembuatan e-mail,  pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon baru untuk melengkapi sebuah alamat e-mail yaitu ‘@’. Fungsi dari icon ini adalah sebagai identitas id yang memisahkan antara nama pengguna dengan nama domainnya. Icon ‘@’ dilafalkan dengan “at”, yang berarti “pada”. Pada tahun 1976, tepatnya tanggal 26 Maret, juga menjadi momen bersejarah ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern, hal ini terjadi karena ARPANET mulai dikenalkan ke Negara lain di luar Amerika.

Pada tahun 1988 steve Dorner membuat program e-mail yang disebut Eudora, yang diambil dari nama Eudora Welty yang merupakan penulis dari Amerika. Eudora adalah client e-mail yang menyediakan interface gratis, dan pada tahun 1994 Eudora debali oleh Qualcomm dan tetap menjadi program yang professional. Dalam beberapa tahun, Eudora menjadi aplikasi web yang mendominasi, namun setelah muncul Netscape dan Internet Explorer kejayaan dari Eudorapun menurun.

Inilah sejarah singkat mengenai awal berkembangnya e-mail, semoga jadi sesuatu informasi baru yang bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya.

 

 Sekarang dan Masa Depan

Jadi siapa sangka email berkembang dengan begitu cepat. Jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun 2005, demikian menurut riset yang diberitakan oleh para analis industri dari salah satu perusahaan riset dan teknologi dari AS, Jupiter Media Metrix, begitu juga kenaikan terlihat untuk kawasan Asia (lihat bagan)

Contohnya sekarang saja di Amerika, menurut Forrester Research (http://www.forrester.com) bahwa persentase perilaku konsumen dalam menggunakan teknologi komunikasi per hari menyingkapkan bahwa email berada di urutan kedua setelah penggunaan telepon dengan lama 29 menit sedangkan penggunaan telepon per hari 45 menit. Dan penggunaan ponsel berada di urutan ketiga setelah email dengan lama 16 menit per hari.

Situs AsiaComputerWeekly.com yang menyorot komentar dari IDC Group (http://www.asiacomputerweekly.com/ViewArt.cfm?Artid=12140&catid=3&subcat=29), juga sebagai salah satu perusahaan riset international di AS menyatakan bahwa para pengguna email berbasis web menjadi pendorong utama meningkatnya pengguna email di seluruh dunia. Direktur riset dari IDC, Mark Levitt mengatakan, “akses nirkabel melalui perangkat email dan pelayanan network adalah infrastruktur utama yang memungkinkan para pengguna email senantiasa terhubung satu sama lain. Juga para pekerja yang sering di luar kantor akan mendapatkan manfaat untuk tetap berkomunikasi dengan dimungkinkannya perangkat email yang telah dikustomisasi, dan hosted service.”

IDC juga menyatakan bahwa lalu lintas email rata-rata per hari di tahun 2005 diperkirakan akan meningkat menjadi 36 miliar di seluruh dunia. Tentunya hal ini dikontribusi oleh situs web yang menawarkan email gratis kepada para pengunjungnya, demikian berita ini dilansir oleh situs emarketer.com (http://www.emarketer.com)

Perkembangan www ( World Wide Web )

WorldWideWeb adalah browser web pertama di dunia. Ia diperkenalkan pada 26 Februari 1991 oleh Tim Berners-Lee dan berjalan pada platform NeXTSTEP.

WorldWideWeb adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. WorldWideWeb dapat menampilkan file HTML tanpa gambar yang tersimpan.

WWW atau World Wide Web adalah sebuah ruang informasi yang sangat berguna dan diakses oleh user melalui browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator).

Browser merupakan suatu aplikasi atau program yang berfungsi untuk menampilkan informasi baik teks, gambar, suara, animasi, bahkan sekarang telah banyak bermunculan video streaming untuk menampilkan acara televisi dan musik.Browser pertama kali dibuat berbasiskan teks. Untuk menyatakan suatu alamat (link), dibuat sebaris nomor yag mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam web.

Ceritanya begini, pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Oxford University yang berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti Fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal yang diberi judul “HyperText and CERN”. CERN adalah nema tempat Berners-Lee bekerja pada saat itu, yaitu kependekan dari Conseil European pour la Recherce Nucleaire, yang merupakan sebuah laboratorium riset bidang Fisika di Jenewa, Swiss.

Pada akhir tahun 1990, sebuah bentuk rancangan web berhasil dijalankan di sebuah mesin komputer NeXT. Saat itu, web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www, yang merupakan cikal bakal kelahiran WWW (World Wide Web).

Pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian, untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih menggunakan browser line-mode interface. Unutk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Pada bulan Mei 1993, Marc Andeesen dan beberapa murid dari NCSA membuat web browser unutk sistem x-windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah digunakan yang diberi nama Mosaic. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows, dan Macintos

Pada tahun 1994, Mac Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah MSIE (Internet Explorer) dari Microsoft.

Pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas unutk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Beberapa browser yang sering digunakan anatara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Thunderbird, Qonquerer, Slim Browser, Links, Lynk, dan Google Chrome. Namun browser yang paling populer di dunia adalah Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.

World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.

Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi tinggi. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web

Sekarang ini web telah memiliki pemirsa dalam jumlah yang sangat besar di luar lingkup akademis : kurang lebih 30% dari server web yang tengah beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial, dan di sebagian industri, di mana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki telpon atau faks bagi tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.

MASALAH INTERNET
PERMASALAHAN CONNECTING JARINGAN INTERNET;

Ada banyak jenis masalah jaringan yang dapat menyebabkan gangguan pada sebuah komputer, gangguan jaringan local, sampai gangguan pada koneksi jaringan global.

1. Masalah jaringan karena kegagalan kabel jaringan
Yang ini merupakan masalah jaringan yang umum kita temui akibat putusnya kabel jaringan yang bisa mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan karena putusnya kabel patch anda karena digigit tikus; masalah jaringan yang berdampak pada satu blok gedung karena putusnya kabel antar switch (uplink cable); atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda karena kegagalan backbone cable.

2. Masalah jaringan karena kegagalan piranti jaringan
Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuah komputer karena kegagalan NIC – lan card; beberapa komputer karena kegagalan switch; atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan anda.

3. Masalah jaringan karena kegagalan system
Kegagalan system bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan system Directory Services anda sehingga clients tidak bisa logon ke jaringan.Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada system DNS anda.

4. Masalah jaringan karena ledakan virus
Jenis ini juga merupakan masalah jaringan yang bukan karena kegagalan infrastruktur jaringan fisik, akan tetapi system jaringan anda akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang system server dan menulari ke semua komputer dalam jaringan anda. Kinerja dari system jaringan anda akan menjadi sangat pelan sekali bahkan boleh dibilang ambruk. Apa yang bisa anda lakukan dengan serangan virus ini adalah menerapkan best practice security policy, pertahanan system anda harus kebal sekali.

5. Masalah Koneksi putus-putus
Penyebab : Kualitas Jaringan telepon menurun, suara telepon kemrosok atau ada dengung
Solusi : – Cek perkabelan rumah (dari KTB sampai Modem)
– Jika masih coba lapor ke kantor TELKOM terdekat

6. Masalah Koneksi Lambat
Penyebab : Banyaknya PC yang disharing.
Aktifitas Client-client PC yang Download atau Upload Malware (Virus, Trojan, Spyware) yang menghabiskan Bandwidth anda Kondisi PC yang Memang Lambat
Solusi : Gunakan Bandwidth management Gunakan antivirus atau anti Spyware

7. Masalahnya terdapat pada Network Connection
dimana nomer IP, Gateway dllnya nge-blank, padahal sudah di setting manual, Status jaringan connected dan masih bisa mengakses data jaringan via IPX/SPX/NetBIOS, tapi nomer IP nya tidak dapat maka akses internet tetap mati.
Solusi :
Error 1068: The dependency service or group failed to start. DHCP Client Service pada Windows XP tergantung pada tiga komponen berikut: * AFD * NetBios over Tcpip * TCP/IP Protocol Driver Jika salah satu dari driver diatas gagal jalan, maka DHCP Client Service akan gagal jalan / not start.
Langkah I – Pastikan bahwa ketiga file driver diatas ada pada tempatnya Buka Windows Explorer arahkan ke folder %Windir%\System32\Drivers. Pastikan file-file dibawah ini ada di folder tersebut: * afd.sys * tcpip.sys * netbt.sys
Jika satu atau beberapa dari file-file diatas hilang \ tidak ada, extrakkan dari Windows XP CD-ROM atau dari folder ServicePackFiles\i386. —> Yang saya lakukan adalah mengkopikan dari komputer lain yang Windows XP-nya masih OK.
Langkah II – Direstart Simple TCP/IP dah jalan normal dan sambungan internet.

8. Masalah Koneksi lambat
Solusi: Menambah Kecepatan Koneksi Internet Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu.

Komentar :
Dalam suatu peroses yang ada pada jaringan computer tidak sepenuhnya akibat kesalahan provider,namun ada unsure human atau manusia sendiri yang tidak teliti dalam melakukan koneksi ke internet,contohnya :
1. Kelalaian pada kabel jaringan yang digigit tikus
2. Banyaknya user atau client yang mendownload data berlebihan
3. Dan gangguan dari piranti computer
Seharusnya kita lebih teliti.

I. Ancaman dalam Internet

Secara umum hubungan antara pengguna Internet sebuah website (Web Server)  dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Web Server
Pengguna Internet

Pengguna terhubung ke Internet melalui layanan Internet Service Provider (ISP), baik dengan menggunakan modem, DSL, cable modem, wireless, maupun dengan menggunakan leased line. ISP ini kemudian terhubung ke Internet melalui network provider (atau upstream). Di sisi Web Server, terjadi hal yang serupa. Server Internet    terhubung ke Internet melalui ISP atau network provider lainnya. Gambar tersebut juga menunjukkan beberapa potensi lubang keamanan (security hole).

Di sisi pengguna, komputer milik pengguna dapat disusupi virus dan trojan horse sehingga data-data yang berada di komputer pengguna (seperti nomor PIN, nomor kartu kredit, dan kunci rahasia lainnya) dapat disadap, diubah, dihapus, dan dipalsukan.  Jalur antara pengguna dan ISP dapat juga di sadap. Sebagai contoh, seorang pengguna yang menggunakan komputer di lingkungan umum (public facilities) seperti di Warung Internet (warnet) dapat disadap informasinya oleh sesame pengguna warnet tersebut (atau pemilik warnet yang tidak bertanggung jawab) ketika dia mengetikkan data-data rahasia melalui web.

Di sisi ISP, informasi dapat juga disadap dan dipalsukan. Sebagai contoh bila sistem keamanan dari sang ISP ternyata rentan, dan dia kebobolan, maka mungkin saja seorang cracker memasang program penyadap (sniffer) yang menyadap atau mengambil informasi tentang pelanggan ISP tersebut.

Di sisi penyedia jasa, dalam hal Web Server yang menyediakan layanan Internet.ada juga potensi lubang keamanan. Berbagai kasus tentang keamanan dan institusi finansial sudah dilaporkan. Misalnya, ada kasus di Amerika serikat dimana seorang cracker berhasil masuk ke sebuah institusi finansial dan mengambil data-data nasabah dari berbagai bank yang berada dalam naungan institusi finansial tersebut. Di Indonesia sendiri ada “kasus” domain “plesetan” klikbca.com yang sempat membuat heboh.

II. Pelaku Kejahatan Internet

Tipe – tipe dari para pelaku kejahatan di dunia maya umumnya tipe mereka diambil dari cara kerja dan tujuan mereka dalam melakukan tindakan perilaku yang menyimpang. Namun dalam perkembangannya, pengertian hacker ini menjurus ke arah yang lebih negatif. Karenanya , istilah pun bertambah untuk  membedakan yang satu dengan yang lainyakni ada cracker , phreaker , dan carder.

PERBEDAAN ANTARA HACKER DAN CRACKER….

Mendengar kata hacker, pasti banyak dari kita yang merasa benci, kenapa??
Pasti Anda tahu sendiri…
Banyak dari Kita yang salah pengertian tentang Hacker, seringkali masyarakat awam menganggap bahwa istilah hacker dan cracker adalah SAMA.
Konotasinya hampir selalu negatif dan jahat. Padahal, ada diantara hackers yang berjasa besar karena menyelamatkan atau memperingatkan suatu sistem di Internet, sehingga sipemilik menyadari kelemahannya.

~Berikut ini adalah pengertian hacker dan cracker:
>>Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer. Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya.
>>cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang dimasuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

>>Hacker :
1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji suatu situs dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna. Bahkan seorang hacker akan memberikan masukan dan saran yang bisa memperbaiki kebobolan system yang ia masuki.
2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
4. Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi.

>>Cracker :
1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagai
contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
3. Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi,
hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
4. Mempunyai IP address yang tidak bisa dilacak.
5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu
Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus klikBCA.com yang paling hangat dibicarakan beberapa waktu yang lalu.

>>Ada beberapa jenis kegiatan hacking, diantaranya adalah: Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.

>>Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun.

>>Jadi dapat diambil kesimpulannya bahwa Hacker yang ‘baik’ adalah orang yang
mengetahui apa yang
dilakukannya, menyadari seluruh
akibat dari apa yang
dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Sementara hacker
yang ‘jahat’ atau biasa disebut cracker adalah orang yang tahu apa yang dikerjakannya, tetapi seringkali tidak menyadari akibat dari perbuatannya. Dan ia tidak mau bertanggung jawab atas apa yang telah diketahui dan dilakukannya itu. Karena hacker adalah orang yang tahu dalam ketahuannya, di dunia hackers tentu saja ada etika yang mesti dipenuhi dan dipatuhi bersama.
Lebih jauh lagi tentang Cracker,

>>Cracker adalah seseorang yang berusaha untuk menembus sistem komputer orang lain atau menerobos sistem keamanan komputer orang lain untuk mengeruk keuntungan atau melakukan tindak kejahatan.
Inilah yang membedakannya dengan hacker.

>Prinsip kerja hacker dan cracker sebenarnya sama. Yang membedakan keduanya adalah tujuannya. Dari segi kemampuan, cracker dan hacker juga tidak jauh berbeda.
Tapi cracker seringkali memiliki ilmu yang lebih oke dan keberanian serta kenekatan yang lebih besar daripada hacker.

Namun dari segi mentalitas dan integritas, keduanya beda jauh.
Ok, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda agar bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat.

 

Phreaker

Ditinjau dari tujuannya, phreaker merupakan seseorang yang melakukantindakan kejahatan terhadap jaringantelepon misalnya menyadap jaringan telepon seseorang atau badan pemerintahan dan menelpon interlokalgratis. Pada tahun 1971, seorang veteran perang Vietnam bernama John Draper menemukan cara menelponjarak jauh , tanpa mengeluarkan biaya. Triknya adalah dengan menggunakan sebuah peluit, yang menghasilkan suara kurang lebih 2600 mhz saat menelpon. Dari sinilah istilah phreaker mulai dikenal.

Carder

Merupakan kelompok orang yang melakukan tindakan kejahatan dengan melakukan manipulasi nomor kartu kredit orang lain dan menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Sejarah yang paling fenomenal adalah seorang carder yang bernama Kevin Mitnick melakukan manipulasi kartu kredit sebanyak 2000 nomor kartu kredit. Berbagai virus dan tindakan para carder untuk menyerang semakin ganas. Tidak kurang situs – situs besar  yang mempunyai tingkat keamanan yang tinggi berhasil dijebol seperti situs berita internasional CNN.com, Yahoo.com, Astaga.com, bahkan situs pemerintahan Amerika seperti situs gedung putih , FBI, dan Microsoft pun terkena serangan pula.

III. Sekuriti Internet

3.1 Alasan Ketidakamanan Internet

Dari uraian di paragraf-paragraf sebelumnya, kita tahu bahwa sebenarnya internet belumlah benar-benar aman. Beberapa alasan utama ketidakamanan internet adalah sebagai berikut:

  1. Internet adalah wilayah bebas tak bertuan, tak ada pemerintahan dan hukum yang mengaturnya. Manajemen dan perlindungan keamanan masing-masing jaringan diserahkan sepenuhnya kepada penanggungjawab jaringan (administrator jaringan internet). Dan pada kenyataannya, tidak semua administrator jaringan, mengerti dengan baik tentang keamanan internet.
  2. Masih banyaknya ‘hole’ (lubang) di sistem komputer dan jaringan yang dapat dimanfaatkan oleh cracker demi keuntungan/kepuasan nafsu pribadinya.
  3. Akses user dari kamar (tempat terpencil) dan lemahnya pengawasan dari orang lain, sehingga nafsu pribadilah yang akan menguasai si user;
  4. Kurangnya kesadaran adanya ‘hole’ kejahatan di internet oleh kebanyakan user;
    1. Belum adanya standar keamanan manajemen jaringan internet.

 

 

 

3.2 Aspek Keamanan Komputer dalam Internet

Saat kita menggunakan komputer dengan koneksi internet untuk keperluan penting yang membutuhkan privasi dan integritas tinggi, baik yang bersangkutan dengan transaksi maupun tukar menukar data yang sifatnya privat, maka harus diperhatikan beberapa syarat keamanan Internet di bawah ini.

Privacy / Confidentiality

Sistem harus memastikan bahwa informasi dikomunikasikan dan disimpan secara aman dan hanya dapat diakses oleh mereka yang berhak saja. Data- data pribadi yang bersifat pribadi harus dapat terjaga dan dapat di pastikan terproteksi dengan baik. Contoh kasus seperti usaha penyadapan (dengan program sniffer).  Usaha‐usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah dengan menggunakan teknologi kriptografi .

Integrity

Sistem harus memastikan bahwa informasi dikirimkan secara menyeluruh, lengkap dan dalam keadaan tidak berubah. Informasi yang dikirim tidak bisa diubah tanpa seijin pemiliknya.Contoh serangan adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.

Availability

Sistem yang bertugas mengirimkan, menyimpan dan memproses informasi dapat digunakan ketika dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkannya. Contoh hambatan “denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.

Authenticity

Sistem harus memastikan bahwa pihak, obyek, dan informasi yang berkomunikasi adalah riil dan bukan palsu.  Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi watermarking(untuk menjaga “intellectual property”, yaitu dengan meni dokumen atau hasil karya dengan “t tangan” pembuat ) dan digital signature.

Access Control

Sistem harus dapat melakukan kontrol akses. Merupakan  cara pengaturan akses kepada informasi. berhubungan dengan masalah  authentication dan juga privacy menggunakan kombinasi userid/password atau dengan

NonRepudiation

Sistem harus memastikan bahwa pihak yang melakukan transaksi tidak dapat menolak, menyangkal transaksi yang telah dilakukannya.

3.3 Security Attack Models

Menurut W. Stallings [William Stallings, “Network and Internetwork Security,” Prentice  Hall, 1995.] serangan (attack) terdiri dari :

Interruption

Perangkat sistem menjadi rusak atau tidak tersedia. Serangan ditujukan kepada ketersediaan (availability) dari sistem. Contoh serangan adalah “denial of service attack”.

Interception

Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses asset atau informasi. Contoh dari serangan ini adalah penyadapan (wiretapping).

Modification

Pihak yang tidak berwenang tidak saja berhasil mengakses, akan tetapi dapat juga mengubah (tamper) aset. Contoh dari serangan ini antara lain adalah mengubah isi dari web site dengan pesan‐pesan yang merugikan pemilik web site.

Fabrication

Pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contoh dari serangan jenis ini adalah memasukkan pesan‐pesan palsu seperti e‐mail palsu ke dalam jaringan komputer.

3.4 Sumber lubang keamanan

Lubang keamanan (security hole) dapat terjadi karena beberapa hal; salah disain (design flaw), salah implementasi, salah konfigurasi, dan salah penggunaan.

1) Salah Disain

Lubang keamanan yang ditimbulkan oleh salah disain umumnya jarang terjadi. Akan tetapi apabila terjadi sangat sulit untuk diperbaiki. Akibat disain yang salah, maka biarpun dia diimplementasikan dengan baik, kelemahan dari sistem akan tetap ada.

2) Implementasi kurang baik

Lubang keamanan yang disebabkan oleh kesalahan implementasi sering terjadi. Banyak program yang diimplementasikan secara terburu-buru sehingga kurang cermat dalam pengkodean. Akibatnya cek atau testing yang harus dilakukan menjadi tidak dilakukan. Lubang keamanan yang terjadi karena masalah ini sudah sangat banyak, dan yang mengherankan terus.terjadi, seolah-olah para programmer tidak belajar dari pengalaman.

3) Salah konfigurasi

Meskipun program sudah diimplementasikan dengan baik, masih dapat terjadi lubang keamanan karena salah konfigurasi. Contoh masalah yang disebabkan oleh salah konfigurasi adalah berkas yang semestinya tidak dapat diubah oleh pemakai secara tidak sengaja menjadi “writeable”. Apabila berkas tersebut merupakan berkas yang penting, seperti berkas yang digunakan untuk menyimpan password, maka efeknya menjadi lubang keamanan.

4) Salah menggunakan program atau sistem

Salah penggunaan program dapat juga mengakibatkan terjadinya lubang keamanan. Kesalahan menggunakan program yang dijalankan dengan menggunakan account root (super user) dapat berakibat fatal. Sering terjadi cerita horor dari sistem administrator baru yang teledor dalam menjalankan perintah “rm -rf” di sistem UNIX (yang menghapus berkas atau direktori beserta sub direktori di dalamnya). Akibatnya seluruh berkas di system menjadi hilang mengakibatkan Denial of Service (DoS). Apabila system yang digunakan ini digunakan bersama-sama, maka akibatnya dapat lebih fatal lagi. Untuk itu perlu berhati-hati dalam menjalan program, terutama apabila dilakukan dengan menggunakan account administrator seperti root tersebut.

IV. Contoh-contoh Kejahatan di Internet dan Cara Penanggulangannya

1. Bom Mail

Pengiriman bom mail ke sebuah e-mail address, biasanya dimulai oleh sentimen pribadi si pemilik e-mail address (target) dengan cracker. Cracker mengirimkan e-mail sebanyak-banyaknya ke komputer target, sehingga sistem di komputer target down (hang-up) karena kepenuhan e-mail.

Cara penanggulangannya:

a)    Konsultasi dengan ISP (Internet Service Provider)

b)    Protes ke pengirim & ISP pengirim

c)    Menaruh filtering software di mail server, untuk mencegah pengiriman e-mail oleh cracker yang sudah teridentifikasi.

2. Batu Loncatan Penyerangan

Sistem komputer dengan pengamanan lemah, tak jarang digunakan oleh cracker sebagai batu loncatan untuk menyerang target (komputer) lain, dengan maksud untuk lebih mengaburkan jejak si cracker .

Untuk itu, setiap penanggung jawab sistim komputer, sebenarnya tidak hanya bertanggung jawab terhadap sistimnya sendiri, tapi juga bertanggung jawab terhadap jaringan lain, baik yang terdekat maupun jaringan yang relatif jauh dari jaringan Internet wilayahnya. Sebagai langkah preventif, penerapan sistim deteksi penerobosan merupakan suatu hal yang sangat disarankan.

3. Pemalsuan ID

Seorang cracker hampir dapat dipastikan tidak akan pernah memakai ID (identifitas) asli yang dimilikinya. Cracker akan berusaha menggunakan ID milik orang lain, atau membuat ID palsu dalam setiap gerakannya. Untuk mendapatkan ID orang lain, cracker dapat mencari lewat penye-“trap”-an data-data yang lewat jaringan, dan menganalisanya.

Penanggulangannya adalah dengan penggunaan server yang didukung oleh costumer service dari pembuat program adalah suatu hal yang mutlak diperlukan oleh situs internet, terutama yang mempunyai tingkat kepopuleran yang tinggi. Sehingga setiap kelemahan yang ditemukan dari suatu sistim bisa segera didapatkan penanggulangannya. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan pemilihan server dari pembuat program yang lebih mengutamakan kestabilan sistem daripada kelebihan fungsi-fungsi di level aplikasi. Penggunaan sistim otentikasi yang baik seperti otentikasi dengan menggunakan kartu pintar (smart card), sidik jari dan lain-lain, merupakan salah satu jalan keluar dari masalah ini.

4. Pencurian File Password atau data Customer

Salah satu cara untuk mendapatkan ID milik orang lain, tak jarang seorang cracker berusaha mencuri file password dari suatu sistem, kemudian menganalisanya. Lebih dari itu, cracker secara pribadi ataupun bersindikat, berusaha mencuri data rahasia suatu perusahaan untuk dijual ke perusahaan lawan.

Untuk penanggulangan pencurian file password adalah dengan melakukan pencegahan penggunaan password yang mudah ditebak, sehingga biarpun file dicuri, tidak terlalu bermanfaat. Cara lainnya adalah dengan menggunakan sistim shadowing pada sistim password di sistim Unix, atau untuk sistim WindowNT, Microsoft menerapkan sistim enkripsi (penyandian). Biasanya, sistim server yang menangani jasa web ini tidak menggunakan pendekatan keamanan dalam pengoperasiannya. Padahal, walaupun suatu sistim dikatakan kuat oleh pembuatnya,kalau tidak didukung dengan security policy (peraturan /kebijaksanaan internal keamanan) dan pengoperasian yang baik, tidak akan bisa menghasilkan sistim yang kuat. Selain itu, hubungan dengan pihak pembuat program merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam membangun sistim yang tahan serangan. Untuk pengamanan data yang melewati jaringan terbuka seperti Internet, tidak ada jalan lain selain penggunaan enkripsi sehingga data yang lewat tidak bisa dimanfaatkan orang yang tidak berhak ataupun oleh cracker.

5. Penggantian isi Homepage (Deface)

Masalah ini pun sering kali menimpa beberapa site di Indonesia. Contohnya oleh cracker portugis (dalam masalah Timor Timur) dan Cina (tentang kerusuhan Mei 1998 yang banyak menewaskan orang-orang Cina di Indonesia). Bahkan, di Jepang pun HP Science Technology Agency di-crack lewat penggantian halaman depan HP. Di AS, seorang cracker pernah berhasil mendapatkan ratusan ribu data kartu kredit dari hasil analisa program yang ditanamkan di server ISP-nya.

Untuk menangani masalah ini biasanya seorang admin web  harus bekerja keras untuk bisa mengembalikan halaman websitenya kembali seperti semula. Alangkah baiknya jika seorang admin web selalu mengikuti perkembangan berita-berita yang berkaitan dengan celah-celah keamanan aplikasi yang digunakan pada web tersebut. Dengan mengikuti berita tersebut maka seorang admin web dapat selalu mengupdate aplikasi yang di gunakan pada web nya sehingga terhindar dari deface. Selain itu admin web juga harus sering-sering mem back up data web sitenya terutama database, hal ini perlu dilakukan untuk langkah awal jika admin web tersebut sudah kecolongan maka dia dengan segera dapat mengembalikan websitenya kembali seperti semula.

6. Program Jebakan

Trojan Horse(kuda troya) sudah dikenal sebagai salah satu teknik cracker yang sangat ampuh dan sering digunakan dalam kejahatan-kejahatan di Internet. Cracker memberikan program gratis, yang feature-nya bagus (banyak fungsi-fungsi program yang bermanfaat) dan penggunaanya mudah dan enak (user friendly), tetapi di dalam program tersebut, sebenarnya si cracker ‘menanamkan’ program lain yang tidak terlihat oleh user. Misalnya program untuk pencurian ID dan password, pencurian file-file tertentu dan lain-lain.

Cara penanggulangannya yang paling utama adalah dengan memasang Fire Wall  dan Ativirus yang selalu di up date. Selain itu juga dengan mengupdate Sistem Operasi yang digunakan untuk menutup hole atau lubang keamanan pada Sistem Operasinya.

7. Shutdown Service

Seorang cracker terkadang berusaha meng-hang-up suatu sistem, dengan tujuan agar sistem target tidak dapat melayani service dari semua user. Kejadian ini pernah menimpa Microsoft, yang mana akses ke homepage-nya oleh semua user ditolak, karena komputer server dibuat ‘sibuk’ sendiri oleh si cracker.

Biasanya penyebab masalah ini adalah terletak pada program server yang menangani suatu jasa/service tertentu. Yang paling sering terjadi adalah desain program server yang tidak memikirkan/ mempertimbangkan masalah keamanan jaringan, sehingga penggunaan buffer (tempat penampungan sementara di memori/hard disk) tidak terkontrol dan mengakibatkan server tidak bisa menangani permintaan jasa dari pengguna yang sebenarnya. Untuk menanggulangi masalah ini, penanggung jawab sistim sebaiknya selalu melakukan pengecekan terhadap program yang dipakainya dengan melakukan pencocokan jejak (log) kriptografi dari programnya dengan jejak yang disediakan oleh pembuat program.

Cara Aman Berselancar di Dunia Maya

Banyak penjahat di dunia internet ini, dan mereka selalu berusaha mencari kelengahan kita sewaktu sedang surfing di internet, apalagi pada saat ini bisnis di dunia internet sangat menjanjikan. Oleh karena itu ke hati-hatian sangat diutamakan jangan sampai para penyusup masuk ke system dan mengobrak-abriknya.

Berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari tangan tangan jahil di dunia maya.

Gunakan Favorites atau Bookmarks

Pengguanaan Favorites atau Bookmarks ini dimaksudkan untuk menjamin website yang dimasuki adalah benar-benar website bisnis internet yang telah diikuti, sebab banyak upaya pencurian username dan password dengan cara membuat website palsu yang sama persis dengan aslinya, dengan URL yang mirip dengan aslinya. Jika dalam melakukan aktifitas  menemukan kejanggalan yaitu tampilan halaman yang berubah dan koneksi terputus lalu muncul halaman yang meminta  memasukkan username dan password,

Gunakan Antivirus

Pastikan pada komputer sudah terinstal Antivirus, gunakan Antirus profesional seperti Norton Antivirus, McAfee Antivirus, Kaspersky, F-Secure dan antivirus buatan vendor yang sudah berlisensi. Penggunaan antivirus akan sangat membantu untuk mengantisipasi masuknya virus ke PC. Update antivirus juga sangat bermanfaat untuk menangani jika terdapat virus baru yang beredar.

Gunakan anti Spyware dan anti Adware

Selain Virus ada yang harus diwaspadai yaitu Spyware dan Adware, Spyware adalah sebuah program kecil yang masuk ke komputer kita dengan tujuan memata-matai kegiatan berinternet kita dan mencuri semua data penting termasuk username dan password, Adware juga begitu tetapi lebih pada tujuan promosi yang akan memunculkan jendela/pop-up di komputer kita ketika sedang browsing, biasanya berupa iklan website porno.

Gunakan Firewall

Untuk lebih mengoptimalkan pertahanan komputer maka gunakanlah firewall, untuk Windows XP dan Vista  bisa menggunakan firewall standar yang ada, saat ini ada beberapa firewall yang cukup mumpuni untuk mencegah para penyusup, seperti Comodo Firewal, Zone Alarm, ataupun mengaktifkan Fireall bawaan Windows.

Gunakan Internet Browser yang lebih baik

Daripada menggunakan Internet Explorer bawaan WIndows, lebih baik menggunakan Browser alternatif yang lebih aman dan mempunyai proteksi terhadap hacker yang lebih canggih.Saat ini beberapa penyedia browser yang selalu bersaing memberikan yang terbaik bagi user, seperti Mozila Firefox, Opera, Google Chrome dan lain-lain.

Hilangkan Jejak

Windows dan browser biasanya akan menyimpan file-file cookies, history atau catatan aktivitas user ketika berinternet, ini merupakan sumber informasi bagi para hacker untuk mengetahui kegiatan user dan juga mencuri username dan password yang telah digunakan dalam berinternet, selain itu hacker juga biasa mengikut sertakan file-file pencuri data mereka di folder-folder yang menyimpan cookies dan history ini di komputer .(Cookies = file yang masuk ke komputer ketika kita mengunjungi sebuah website.

History = Daftar kegiatan kita ketika berinternet yang disimpan oleh browser yang kita gunakan). Selalu hapus semua jejak berinternet agar para hacker tidak bisa menyusup ke komputer.

Ganti password sesering mungkin

Yang paling penting adalah mengganti password yang  digunakan sesering mungkin, sebab secanggih apapun para hacker dapat mencuri username dan password tidak akan berguna. jika password sudah berubah ketika para hacker itu berusaha masuk ke website bisnis internet yang diikuti

Buat password yang sukar ditebak

Jangat buat password yang berisikan tanggal lahir, nama keluarga, nama biatang peliharaan , atau menggunakan kalimat pendek dan umum digunakan sehari-hari. Buatlah password sepanjang mungkin semaksimal mungkin yang diperbolehkan, buat kombinasi antara huruf besar dan huruf kecil dan gunakan karakter spesial seperti ? > ) / & % $, dan yang paling penting jangan simpan catatan password  di komputer dalam bentuk file, buatlah catatan pada selembar kertas dan taruh di tempat yang aman di sisi komputer , buatlah seolah-olah itu bukan catatan password, jangan simpan di dompet, jika dompet  hilang maka  akan kesulitan nantinya.

Jangan terkecoh e-mail palsu

Jika  mendapatkankan email yang seakan-akan dari pengelola website bisnis internet atau e-gold yang  ikuti dan meminta  untuk mengirimkan username dan password , jangan hiraukan dan

 

Cyberspace

Apa itu Cyberspace? Internet adalah sebagian dari Cyberspace. Tumbuh 10-15% dalam sebulan, dan mungkin sekarang telah meng-interkoneksi puluhan juta komputer-komputer PC. Beberapa ratusan juta pelanggan telepon juga sebagian dari Cyberspace. Demikian juga ratusan juta pemirsa TV beserta pemancar-pemancarnya.

Cyberspace lebih menyerupai suatu sistem-Ekologi (seperti Biosphere misalnya), daripada suatu mesin. Suatu sistem bio-electronic yang sangat serupa dengan suatu Complex-Adaptive-Sistym. Yaitu suatu sistem yang komplek dan lincah sekali dapat menyesuaikan diri secara mandiri, dengan suatu sistem umpan-balik, serupa suatu sistem biologi yang hidup. Itulah sebabnya dinamakan bio-electronic.

Cyberspace adalah suatu ruang yang selalu berada di sekeliling atau di dekat kawat telepon, kabel-koaxial, kabel-fiber-optik dan gelombang-elektromagnetik.

Seluruh ruang Cyberspace ini dihuni oleh pengetahuan, termasuk di dalamnya pengetahuan atau gagasan yang salah atau tidak tepat. Ruang ini diinterkoneksi dengan dunia luar melalui pintu. Melalui mana manusia dapat melihat ke dalam, untuk memasukkan pengetahuan baru, mengubah pengetahuan yang ada di dalam, atau mengeluarkan pengetahuan tersebut. Banyak pintu ini hanya dapat dilalui satu arah (pemancar dan penerima TV). Banyaknya juga pintu-pintu dapat dimasuki dari dua arah (telepon atau modem komputer).

Kebanyakan dari pengetahuan yang berada di Cyberspace hanya mempunyai waktu hidup yang sangat singkat. Suara pelanggan telepon merambat melalui kawat atau gelombang-microwave dengan kecepatan cahaya, dan segera lenyap sesudah didengar oleh pelanggan di ujung lainnya.

Tetapi banyak juga manusia membangun gudang-gudang penyimpan atau perpustakaan Cyberspace untuk menyimpan data, informasi, pengetahuan, dalam bentuk digital. Jadi berbentuk urutan angka-angka nol dan satu, seperti kode-binary dari komputer. Gudang-gudang Cyberspace tersebut berbentuk fisik seperti tape, CD-ROM, dan diskette. Tetapi isinya hanya dapat didayagunakan jika kita dapat melalui pintu beserta kuncinya yang cocok.

Kunci ini dinamakan software. Suatu bentuk pengetahuan elektronika, yang memungkinkan manusia berkeliling dan ber-navigasi di seluruh ruang Cyberspace, dan dapat membuat isi gudang-gudang tersebut dapat dinikmati oleh sensor manusia, dalam bentuk tulisan, gambar-gambar, dan suara.

Manusia-manusia di seluruh dunia mengutak-ngatik di Cyberspace mendesain suatu mesin, mengarang cerita baru, mengeditnya kembali, atau mengembangkan ceritalama dengan kecepatan yang tambah hari tambah meningkat. Dengan menggunakan komputer yang lebih cepat, alat penyimpanan elektronika yang lebih luas dan lebih murah, software yang lebih mampu, dan dengan segala macam saluran komunikasi seperti satelit, kabel fiber-optik dll. Jika semua ini terjadi pada ruang dan waktu yang bersamaan, maka akan terjadi suatu ekplosi kombinasi-kombinasi atau sinergi baru, yang implikasinya sekarang, apalagi di waktu yang akan datang, banyak belum dimengerti para pakar Ilmu Pengetahuan.

Explorasi dari Cyberspace memang sangat intersan dan banyak membuka kernungkinan dan kesempatan, tetapi juga merupakan tantangan baru, yang belum pernah manusia hadapi. Cyberspace adalah suatu ruang yang penuh berisi informasi & pengetahuan, dan rupa-rupanya sudah menjadi sasaran eksplorasi seluruh manusia di bumi. Kewajiban kita adalah mencari cara, membuka jalan dan membuat kondisi, sehingga setiap manusia dapat memberdayakan dirinya, untuk eksplorasi Cyberspace dengan cara masing-masing. Tantangan yang dihadapi sangat berat, tetapi sebaliknya kesempatan-kesempatan yang mungkin terbuka adalah sangat menarik. Peradaban Gelombang-Ketiga mempunyai implikasi-implikasi yang menonjol dalam arti dan hakekat Kepemilikan, berfungsinya suatu Pasar, sifat dan hakekat suatu kelompok-manusia/masyarakat, dan pengaruh dan arti Hak dan Kemerdekaan seorang individu.

Dengan muncul dan menyebar luasnya Cyberspace, setiap organisasi, lembaga-lembaga, keluarga, kelompok agama, kelompok masyarakat, perusahaan, pemerintahan dan bangsa-bangsa, dituntut untuk mengubah sistem nilai & perilakunya, melampaui nila-inilai & perilaku dari peradaban Gelombang-Kedua, yaitu standarisasi dan sentralisasi. Juga melampaui nilai & perilaku-perilaku yang tercermin dalam obsesi pengumpulan kekayaan materi, dengan energi, uang dan kekuasaan.

Cyberspace akan mengubah ekonorni produksi-massa dari peradaban Gelombang-Kedua. Teknologi-informasi baru akan menekan ongkos membuat keanekaragaman produk ataupun personalia, menjadi sangat rendah. Lembaga-lembaga dan kebudayaan manusia juga akan meninggalkan kebudayaan massa, dan berubah menjadi kebudayaan yang penuh dengan keanekaragaman (demassified). Kecenderungan ke arah keanekaragaman ini memperbesar potensi kemerdekaan/pemberdayaan individu.

Kecenderungan ke arah keanekaragaman ini juga akan mengurangi arti paradima kelembagaan/pengelolaan yang terpusat dan semua organisasi birokrasi. Semua birokrasi pemerintahan nasional di seluruh dunia, adalah kekuasaan birokrasi yang terpusat yang terbesar, yang akan mengalami perubahan/pembaharuan yang sangat berarti.

Di dalam usaha mengerti dan menghayati nilai & perilaku yang terkandung dalam Cyberspace, terminologi The Information Highway sering sekali dapat menyesatkan pengertian dasar mengenai Cyberspace. Mari kita perhatikan perbedaan pengertian dalam Tabel 1.

(Information Super)highway Cyberspace
bergerak dalam bidang dua-dimensi bergerak dalam ruang tiga-dimensi
kepunyaan pemerintah keaneragaman kepemilikan
Birokrasi pemberdayaan individu
pembaharuan dari Gelombang ke-1 pembaharuan dari Gelombang ke-2

Analogi Cyberspace dengan suatu (Information) highway memang tidak tepat. Karena di atas suatu highway, semua mobil yang bergerak ke suatu arah, harus pada suatu waktu kembali ke arah balik. Kalau tidak kita akan menemukan suatu penumpukan mobil di ujung highway. lni tidak berlaku bagi Informasi. Informasi akan lenyap tanpa bekas di tempat tujuan.

Perilaku atau karakteristik Inforrnasi lain sama sekali, karena Informasi dapat diperbanyak, praktis tanpa biaya. Setiap individu, secara teoritis dapat mengabsorbsi seluruh produksi informasi dari masyarakat. Orang kaya atau miskin sama saja, mereka semua mengalami Information deficits. Mereka semua lebih banyak mengambil/menerima lnformasi dari pada berproduksi/memberi Informasi.

Sifat dan Hakekat suatu Kepemilikan

Hakekat dan kekuatan hukum suatu Kepemilikan adalah sangat penting bagi berfungsinya suatu Pasar Pengelolaan dan pelaksanaannya adalah tanggung jawab pemerintah. Tetapi di dalam suatu Cyberspace kita mengciptakan suatu Kepemilikan, suatu hasil karya yang baru, yang membutuhkan peng-definisian sifat dan hakekat Kepemilikan kembali.

Kepemilikan baru yang muncul di dalam Cyberspace ada dalam bentuk hardware seperti kawat, kabel koaxial, komputer dll. Dalam bentuk bukan-hardware sepeti Spektrum frekwensi Elektromaknetik dan Orbital Slots untuk satelit di angkasa luar, dan Intelectual Property.

Untuk setiap sektor ini, dua pertanyaan harus diajukan. Pertarna, apa artinya kita memiliki sesuatu? Kedua, siapa si-empunya? Public(pemerintah), perusahaan swasta atau pribadi?

Hukum Patent dan copyright sekarang ini, adalah berdasarkan atas ekspresi fisik dari gagasan dan pengetahuan. Ekspresi fisik seperti berbentuk buku, tulisan, koran, tapes dan CD rom. Bentuk ekspresi fisik ini yang tidak ada lagi di dalam kepemilikan digital di Cyberspace. Kesulitan yang kita hadapi adalah kepemilikan dalam bentuk digital. dapat direproduksi dan didistribusi sesaat dan tampa ongkos, tanpa diketahui dan terasakan oleh si-empunya. Bagaimana kepemilikan digital macam ini dapat diproteksi?

Dilihat dari perspektif lain, memang hakekat dari informasi dan pengetahuan di dalam peradaban Gelombang-Ketiga telah mengalami perubahan, yaitu dari peradaban produksi-massa, media-massa, dan budaya-massa, kesuatu peradaban keanekaragaman.

Kepemilikan spektrum elektromagnetik, yang biasanya dianggap sebagai “kepemilikan publik”, sekarang dilelang oleh FCC di Arnerika. Apakah betul suatu Kepemilikan yang dilelang, atau hanya suatu Hak Guna Usaha tertentu untuk suatu waktu terbatas? Apakah betul pelelangan cara yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan Cyberspace selanjutnya?

Demikian juga dengan kabel-koaxial dan kabel-fiber-optik kepunyaan perusahaan swasta cable TV di Amerika, dikurangi hakekat kepemilikannya, dengan pembatasan tinggi harga langganan perbulannya, oleh badan regulator di Amerika.

 

Masalah – masalah keamanan jaringan internet.

  Di zaman sekarang, proses transfer informasi dapat terjadi dengan sangat cepat. Itu semua “gara – gara” adanya jaringan internet. Jaringan internet inipun semakin berkembang, oleh karena itu, semua informasi yang dibutuhkan(maupun yang ‘kurang’ dibutuhkan) dapat dengan mudah kita dapatkan dari internet. Tetapi sangat disayangkan, perkembangan internet tersebut tidaklah hanya ke arah yang positif, tetapi turut mencakup ke arah yang negatif. Perkembangan negatif inipun bermacam – macam. ada yang bertujuan hanya untuk iseng, adapula yang sudah dapat dikategorikan tindakan kriminal. Disini, saya akan mencoba untuk menerangkan sedikit yang saya tahu tentang perkembangan negatif dari jaringan internet.

SPAM

Spam atau junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam email, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa email berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

Phising

Mungkin diantara kita ada yang belum pernah mendengar istilah Phising. Arti istilah phising dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut.

Phising merupakan kata plesetan dari bahasa Inggris yang berarti memancing. Dalam dunia yang serba terhubung secara elektronik saat ini, istilah phising banyak diartikan sebagai suatu cara untuk memancing seseorang ke halaman tertentu.

Phising tidak jarang digunakan oleh para pelaku kriminal di internet untuk memancing seseorang agar mendatangi alamat web melalui e-mail, salah satu tujuannya adalah untuk menjebol informasi yang sangat pribadi dari sang penerima email, seperti password, kartu kredit, dll.

Diantaranya dengan mengirimkan informasi yang seakan-akan dari penerima e-mail mendapatkan pesan dari sebuah situs, lalu mengundangnya untuk mendatangi sebuah situs palsu. Situs palsu dibuat sedemikian rupa yang penampilannya mirip dengan situs asli. lalu ketika korban mengisikan password maka pada saat itulah penjahat ini mengetahui password korban. Penggunaan situs palsu ini disebut juga dengan istilah pharming.

Cara Kerja Phishing

Phishing dapat dilakukan secara aktif maupun pasif. Phisher mengirimkan ribuan email (spoofed email) ke target sasaran dengan menipu sebagai email resmi suatu perusahaan kartu kredit, perusahaan pembiayaan atau instansi resmi. Email tersebut terlihat seperti dikirim dari pihak resmi, sehingga pelanggan target seringkali tidak menyadari kalau mereka sedang ditipu.

Pada email, sebagai contoh misalnya phisher memberitahukan tentang perlunya verifikasi account kartu kredit dengan mengirimkan nomor kartu kredit tersebut dengan cara mengklik link URL pada email. Link URL tersebut akan menuju situs palsu (fraudulent website) dimana user diminta menginput nomor kartu kreditnya dan mengirimkannya , dengan embel-embel agar accountnya dapat dipergunakan kembali dan ter-update dalam database perusahaannya. Setelah phisher berhasil mengantongi nomor kartu kredit user, lalu phisher dapat menggunakannya untuk berbelanja atau meminjam identitas kita.

Masih banyak cara yang ditempuh oleh para phisher untuk menjerat korbannya, antara lain melalui:

1. Faktor Pendekatan Sosial. Kebanyakan para korban diberi pesan menarik dan digiring kedalam jebakan dengan tujuan agar korban mau melakukan beberapa tindak lanjut dari email palsu tersebut dan si korban memberikan informasi berharga kepada si phisher.

2. Pengiriman Pesan. Bisa melalui email spam, web-based delivery, iklan jebakan dalam web, IRC dan Instant Messaging (Yahoo Messenger, MSN Msgr, AOL, ICQ dan lain-lain.). Bisa pula calon korban diajak untuk menuju situs buatan para phisher yang mengandung trojan, jadi saat si korban membuka situs jebakan, secara tidak sadar di belakang terjadi proses infeksi sistem oleh trojan.

Mengenali Phishing

Melakukan serangan phishing sangatlah mudah, dan tidak memerlu-kan banyak kemampuan teknis. Salah satu syaratnya adalah dapat mengirimkan email dalam jumlah banyak, ratusan atau ribuan serangan email, dan membuat situs palsu untuk mendapatkan informasi dari pelanggan target.

Bagaimanakah Ciri-Ciri Phishing?

1. Email phishing mengatasnamakan instansi resmi/bereputasi
-menggunakan logo/branding perusahaan, banner atau ciri khas perusahaan.
-memiliki link ke situs resmi perusahaan tersebut.
-alamat email seperti alamat email aslinya

2.Alamat Reply berbeda dengan alamat Sender
Pada email, pengirim mengklaim dari perusahan resmi, tetapi harus direply atau dibalas ke alamat lain, Berikut adalah contoh dari email phishing:

From: EarthLink Security Dept. From: Citibank
Reply-To: earthlink8770@1-base.com Reply-To: citibank3741@collegeclub.com

3. Menggunakan Alasan yang masuk Akal
Setelah mengaku dari perusahaan resmi, biasanya email akan berisi alasan yang membujuk user agar menuliskan informasi yang diinginkannya dengan alasan bahwa kartu kredit anda telah kadaluarsa, atau account secara acak sedang diverifikasi sehingga anda harus memperbaharui account tersebut. Kadang bisa juga mereka memberitahukan bahwa anda telah terkena phishing dan diminta untuk memasukan informasi finansial agar account anda tetap aman.

4.Email bersifat Urgent / harus cepat dibalas
Email berisi subjek yang harus cepat ditindak lanjuti dan jika tidak account akan dihapus atau tidak dapat digunakanlagi

5.Meminta informasi dalam email
Biasanya meminta inforamsi kartu kredit , password, dll

6.Menyertakan link ke situs palsu untuk menipu user
Misalnya, salah satu email dari ebay dengan link: “http://ebaysecuritycheck.
easy.dk3.com/Ebayupdatessl.html” Situs ebay sendri beralamat di http://www.eBay.com.
Pisher berharap domain http://ebay-securitycheck.easy.dk3.com” adalah domain milik ebay

7.Link situs yang dituju pada email berbeda dengan link pada address bar situs tersebut.
Pada email, link yang terlihat di email biasanya berbeda dengan link tujuannya. Misal di email “http://account.earthlink.com,” tetapi setelah diklik sebenarnya menuju ke http://www.memberupdating.com.”

Sistem Pendukung Serangan Phishing


Transparent Proxies
Dengan terlebih dahulu menginfeksi sistem komputer korban, setiap melakukan browsing tanpa sadar si korban dipaksa secara diam-diam menggunakan proxy milik si phisher. Jika kondisi demikian, maka setiap URL yang diketikkan oleh si korban akan melalui proxy penjebak, dan bila dalam URL itu mengandung unsur kata yang dimaksud oleh si penjebak, maka secara otomatis web tujuan korban akan dibelokkan ke web buatan si phisher tanpa diketahui oleh korban, karena seakan-akan si korban measa bahwa dia telah menuliskan alamat tujuannya dengan benar, padahal komputernya telah diinfeksi dan telah menggunakan proxy milik si phisher.

DNS Cache Poisoning
Dengan menggunakan trojan, file host dns bisa ditambah dan dirubah sesuai dengan keinginan si penjebak sesuai dengan kehendak si penjebak. Misalkan, pada keadaan normal, http://www.melsa.net.id itu sebenarnya berasal dari IP 202.138.xxx.yyy, setelah dirubah oleh trojan, maka bisa aja dalam entri file host dnsnya ditambah atau dirubah menjadi seperti:

“210.23.abc.def http://www.melsa.net.id”
Jika kondisi seperti itu, maka setiap korban mengetikkan URL http://www.melsa.net.id itu dibelokan ke arah IP 210.23.abc.def , padahal seharusnya menuju 202.138.xxx.yyy.

Friendly login URL’s
Beberapa browser membolehkan proses login dengan praktis. Contohnya, misalkan UserID anda di melsa adalah “aku”, dan passwordnya misalkan adalah “coba”, maka pada browser yang bisa menggunakan sistem Friendly Login, anda cukup mengetik “http://aku:coba@www.melsa.net.id”. Begitu mudahnya sehingga memancing para phisher untuk memanfaatkan kecerobohan calon korban, misalnya dengan kasus seperti berikut ini. Anda pengguna klikbca.com, dan suatu hari anda menerima email yang berisi anjuran untuk menuju situs klikbca.com hanya dengan meng-klik link yang tersedia dalam email itu, dan link itu tulisannya seperti (misal)

“https://ibank.klikbca.com:ibanking@www.kilkbca.com:4093/index.html”.
Bila anda jeli, tulisan “ibank.klikbca.com” itu adalah username atau userid, dan kata berikutnya “ibanking” adalah password untuk menuju situs yg sebenarnya yg tertulis setelah tanda “@”, ternyata situs yang di klik oleh korban adalah http://www.kilkbca.com, bukan http://www.klikbca.com.
Anda juga terkecoh? Hati-hati.

Third-party shortened URL’s
Modusnya kebanyakan dengan menggunakan email spam, isinya seakan-akan dari institusi resmi dan pura-pura sedang terjadi sesuatu yang penting, misalkan situsnya sedang diserang oleh pihak tidak bertanggung jawab atau sedang diadakan perbaikan sistem sehingga dikhawatirkan akan terjadi masalah dalam login dan pengaturan database user. Kemudian si korban dianjurkan untuk login dan mengikuti petunjuk selanjutnya yang terdapat pada halaman berikutnya pada link yang telah disediakan, dan juga si korban diwanti-wanti bahwa jika mengalami kegagalan, berarti memang kerusakan sudah terjadi dan diharapkan mengunjungi situs alternatif yang disebut didalamnya, misalkan dianjurkan untuk mengunjungi situs http://www.klikbca-temp.com. Padahal itu jelas-jelas hanya tipuan belaka.

Key Logging
Komputer korban yang telah terinfeksi trojan akan dpasangi program keylogger, yaitu program kecil yang bekerja secara diam dan di background. Tugas keylogger adalah mencatat semua bentuk inputan yang dketikkan dari keyboard komputer korban dan mengirimkan hasilnya kepada si phisher.
Menghindari Phishing

Seperti dalam dunia nyata, para phisher akan terus menerus mengembangkan cara-cara menipu ketika anda sedang online. Agar anda tetap aman, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini:

1. Jangan merespon terhadap permintaan informasi pribadi lewat email atau pop-up window.
2. Kunjungi situs pada link yang ada dengan menulis URL pada address bar browser anda, jangan percaya dengan cara mengklik langsung pada link tersebut.
3. Cek security untuk memastikan situs web tersebut memakai enkripsi
4. Secara rutin mengecek kartu kredit anda dan pernyataan bank anda.
5. Laporkan abuse buse dari tersangka ke instansi yang berwenang

Langkah 1: Jangan merespon terhadap permintaan informasi pribadi lewat email atau pop-up window

Situs-situs resmi tidak akan mungkin bertanya tentang password, nomor kartukredit, atau informasi pribadi lainnya dalam bentuk email. Bila anda menerima email yang meminta informasi tersebut, jangan ditindak lanjuti. Bila email tersebut merupakan email resmi, segeralah kontak atau telpon atau lihat situs webnya untuk mengkonfirmasi kebenarannya. Lanjutkan dengan langkah 2 untuk cara terbaik menuju situs web resmi bila anda merasa sedang menjadi sasaran phishing.

Berikut ini adalah title-title email dari kasus yang telah terjadi dan berhasil dikumpulkan oleh antiphishing.org :

– ‘Protect your debit card from fraudulent online transactions”
– ‘Verify and update your PayPal information’
– ‘Please update your Ebay account information’
– ‘accounts@citibank.com’
– ‘U.S. Bank Consumer Alert’
– ‘U.S. Bank® Fraud Verification Process’
– ‘Online banking issue’
– ‘Ebay(R) Re-Activation Unit’
– ‘Online banking – protect yourself from internet fraud’
– ‘TKO NOTICE – Pay your fees to eBay.com’
– ‘eBay account verification needed’
– ‘Image-only mail, hidden URL’
– ‘Fleet cardmember security update’
– ‘Citibank E-mail Verification: ‘
– ‘Visa Security Update ‘
– ‘Your eBay information must be confirmed’
– ‘Official information!’
– ‘Citibank notification’
– ‘Protect your Citibank account’
– ‘Your eBay Account Must Be Confirmed’
– ‘MSN HOTMAIL Account Verification’

Langkah 2 : Kunjungi situs pada link yang ada dengan menulis URL pada address bar browser anda

Bila anda mengangap bahwa email dari perusahaan kartu kredit, bank atau online payment serveice, atau situs web tersebut bukan asli, jangan pernah mengikuti link yang menunjukkan ke situsnya dari email tersebut. Link tersebut dapat berupa link palsu, dimana tertulis resmi , tetapi mengarah ke situs web yang palsu .

Anda mungkin melihat bahwa alamat yang tertera pada address bar pada browser anda, tertulis resmi, atau panjang sekali sehingga susah untuk terlihat alamat domainnya, tetapi hal tersebut dapat saja menipu.

Langkah 3 : Cek security untuk memastikan situs web tersebut memakai enkripsi

Bila anda tidak mempercayai situs web dari alamat URL, lalu bagaimanakah agar dapat memastikan apakah situs itu aman atau tidak?. Ada beberapa cara. Pertama, sebelum memasukan informasi anda, cek apakah situs tersebut memakai enkripsi atau tidak. Anda dapat memastikan situs tersebut memakai enkripsi bila situs tersebet alamatnya berawalan https:// dan bukan http://. Pada browser, akan terlihat tanda aman pada bagian bawah browser, di status bar , yaitu adanya ikon gembok yang terkunci.Ikon tersebut menandakan bahwa situs itu memakai enkripsi untuk memprotek informasi berharga seperti nomor kartu kredit, SSN, detail pembayaran dll.

[Sumber : http://buletin.melsa.net.id ]

Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa phising itu bahaya!! pokoknya hati – hati deh! ikutin langkah diatas aja kalo mau selamet! untung saya belom pernah kena!

SCAM

Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai, [[pengumuman lotere], dan lain lain. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam. Dalam bahasa Inggris, scam ini diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.

MENGAPA DISEBUT PENIPUAN/SCAM?

Untuk lebih mudahnya, silahkan buka website-website yang anda percaya itu adalah SCAM, lalu perhatikan poin – poin di bawah ini di bawah ini:

1. Apakah ratusan website itu hanya milik satu orang?
Coba lakukan whois melalui http://whois.domaintools.com atau situs whois lainnya. Anda pasti akan melihat bahwa pemilik web-web “bisnis” itu adalah ratusan orang yang berbeda.

2. Apakah ratusan website itu tampilan/isinya sama?
Jika pemilik web-web itu adalah ratusan orang yang berbeda, mengapa tampilan dan isinya bisa sama? Lihatlah testimonial pada web-web itu, contohnya pada testi pertama, si Agus telah memberikan testimonial (komentar kepuasan) yang sama pada web-web yang berbeda yang jumlahnya lebih dari 500 web.

3. Apakah ratusan website itu bisa dipercaya?
Saya yakin anda pasti sudah tahu jawabannya, jika anda bisa menjawab pertanyaan pertama dan kedua di atas.

[Sumber : kaskus,wikipedia]

saya cuma bisa menghimbau kepada pemilik situs scam. bertaubat aja deh! cari bisnis halal aja, daripada ngerugiin diri sendiri dan orang lain.

CARDING

Carding, sebuah ungkapan mengenai aktivitas berbelanja secara maya (lewat komputer), dengan menggunakan, berbagai macam alat pembayaran yang tidak sah. pada umumnya carding identik dengan transaksi kartu kredit, dan pada dasarnya kartu kredit yang digunakan bukan milik si carder tersebut akan tetapi milik orang lain.

apa yang terjadi ketika transaksi carding berlangsung, tentu saja sistem pembayaran setiap toko atau perusahaan yang menyediakan merchant pembayaran mengizinkan adanya transaksi tersebut. seorang carder tinggal menyetujui dengan cara bagaimana pembayaran tersebut di lakukan apakah dengan kartu kredit, wire transfer, phone bil atau lain sebagainya.

cara carding (sepengetahuan saya) sebagai berikut:
-Paket sniffer
Cara ini adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan data apa saja. Konsep kerjanya mereka cukup memakai program yang dapat melihat atau membuat logging file dari data yang dikirim oleh website e-commerce (penjualan online) yang mereka incar. Pada umumnya mereka mengincar website yang tidak dilengkapi security encryption atau situs yang tidak memiliki security yang bagus.

-Membuat program spyware, trojan, worm dan sejenisnya
Program ini berfungsi seperti keylogger (keyboard logger, program mencatat aktifitas keyboard) dan program ini disebar lewat E-mail Spamming (taruh file-nya di attachment), mirc (chatting), messenger (yahoo, MSN), atau situs-situs tertentu dengan icon atau iming-iming yang menarik netter untuk mendownload dan membuka file tersebut. Program ini akan mencatat semua aktivitas komputer anda ke dalam sebuah file, dan akan mengirimnya ke email hacker. Kadang-kadang program ini dapat dijalankan langsung kalau anda masuk ke situs yang di buat hacker atau situs porno.

-Membuat situs phising
(Lanjut dari atas) Yaitu situs sejenis atau kelihatan sama seperti situs aslinya. contoh di Indonesia ketika itu situs klik bca (http://www.klikbca.com/), pernah mengalami hal yang sama. situs tersebut tampilannya sama seperti klikbca tetapi alamatnya dibikin beberapa yang berbeda seperti http://www.clikbca.com/, http://www.kikbca.com/, dll, jadi kalau ada yang salah ketik, akan nyasar ke situs tersebut. Untungnya orang yang membuat situs tersebut katanya tidak bermaksud jahat. Nah kalau hacker carding yang buat tuh situs, siap-siap deh kartu kredit anda bakal jebol.

Menjebol situs e-commerce
Cara ini langsung dan mencuri semua data para pelanggannya. Cara ini agak sulit dan perlu pakar hacker atau hacker yang sudah pengalaman untuk melakukannya. Pada umumnya mereka memakai metode injection (memasukan script yang dapat dijalankan oleh situs/server) bagi situs yang memiliki firewall. Ada beberapa cara injection antara lain yang umum digunakan html injection dan SQL injection. Bagi situs yang tidak memiliki security atau firewall, siap-siaplah dikerjain abis-abisan.jenis kartu kredit:
1. asli didapatkan dari toko atau hotel (biasa disebut virgin CC)
2. hasil trade pada channel carding
3. hasil ekstrapolet (penggandaan, dengan menggunakan program C-master 4, cardpro, cardwizard, dll), softwarenya dapat di Download disini: Cmaster4, dan cchecker (jika ada yang ingin mengetahui CVV dari kartu tersebut)
4. hasil hack (biasa disebut dengan fresh cc), dengan menggunakan tekhnik jebol ASP
5. dengan memanfaatkan mbah google atow kepintaran anda sendiri 😛 (pure CC)

Contoh kartu kredit (ini hanya contoh lo!):

First Name* Judy
Last Name* Downer
Address* 2057 Fries Mill Rd
City* Williamstown
State/Province* NJ
Zip* 08094
Phone* ( 856 )881-5692
E-mail* serengeti@erols.com
Payment Method Visa
Card Number 4046446034843451
Exp. Date 5/04

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN :

Internet suatu alat bantu yang digunakan secara global yang didalamnya terdapat banyak pengetahuan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Dan kini telah menjadi budaya yang berdampak negative dan positif

PENUTUP :

 

Di akhir makalah ini penyusun mengucapakan teriakasih  kepada semua pihak yang  telah membaca makalah ini, dan penyusun  juga meminta maaf dengan segala kekurangannya agar dapat di maklumi, untuk itu kami butuh saran kritik dari pembaca.

 

 

Daftar Pustaka

v http://www.ipanrock.info/2011/07/permasalahan-connecting-jaringan.html

v http://blog.uin-malang.ac.id/asma/2012/04/24/tugas-makalah-internet/

v  http://www.imranxrhia.com/2010/11/mendengar-kata-hacker-pasti-banyak-dari.html

v Sumber : http://teknik-informatika.com/jaringan-internet/

v www.google.com

v www.wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: