KELOMPOK 2

Penulis :  Dewi Safitri (201243500413)

                Wenda Puspita (201243500417)

                Vivy Ahadiatami (201243504019)

  1. 1. Kerja Komputer

Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :

  1. Input
  2. Process
  3. Output
  1. 1.     INPUT

Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.

  1. 2.     PROSES

Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya. Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.

  1. 3.     OUTPUT

Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

secara garis besar prinsip kerja ini dapat dilihat pd gambar di bawah ini :

 

Data yang datang pada media Input merupakan data digital yang merupakan bilangan Biner ( yaitu bilangan yang habis di bagi dengan dua ) dimana bilangan ini hanya mengenal angka 0 dan 1. data yang datang ke proces merupakan kombinasi dari angka 0 dan 1, yang berbentuk 8 bit data, atau 16 bit atau juga 32 bit,tergantung dari sistem komputer yang digunakan dan processornya pun demikian 8 bit, 16 bit atau 32 bit, BIT ( Binary Digit ).

  1. 2.   Bite,Byte,Buzzword

Bite 

suatu sistem penomoran biner yang mewakili unit terkecil dari data dalam suatu sistem komputer. Suatu bit hanya terdiri dari dua buah angka yaitu 1 dan 0. Di dalam komputer, sebuah 0 berarti suatu sinyal elektronik atau magnetis adalah tiada atau absen, sementara 1 berarti sebaliknya.

Byte

suatu grup dari delapan bit. Sebuah byte mewakili satu karakter, satu digit atau satu nilai. Kapasitas dari memory komputer, atau RAM, dinyatakan di dalam bytes atau sekumpulan dari bytes.

Buzzword

Aplikasi pengolah data yang besbasis web. Ini merupakan pengolah kata yang baik yang dapat menyaingi Google dll. Buzzword menggunakan beberapa teknologi terbaru untuk menciptakan salah satu prosesor kata online yang paling maju yang pernah di buat. Ini dapat bekerja dengan baik di Internet Explorer dan Ferifox. Yang mengesankan ialah bahwa ia memiliki anatar muka GUI yang luar biasa, dan berjalan super cepat. Butuh waktu kurang dari 1 detik untuk memuat dan mengklik sekitar tidak menyebabkan keterlamabatan atau lama sekali.

Fitur terbaik Buzzword kenyataan bahwa anda dapat terus bekerja pada dokumen. Ini tidak bekerja sepenuhnya jika anda offline, tapi anda masih dapat mengedit dokumen,menyisipkan gambar, tetapi anda tetap dapat menggunakan toolbar di bagian atas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 3.   Inti dari Komputer

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan jaringan dan koneksi internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara program tersebut dengan program yang lain.

  1. 4.   Memory Komputer

Kata “memory digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program.

Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data yang bisa diproses.

Memory terkadang disebut sebagai primary storage, primary memory, main storage, main memory, internal storage atau juga random access memory (RAM).

Ada empat macam tipe dari memory komputer, yaitu:
4.1. random access memory (RAM)
42. read only memory(ROM)
4.3.CMOS memory
4.4. virtual memory

4.1. Random Access Memory (RAM)

RAM merupakan memori yang dapat dimasup(diakses) sehingga dapat diisi dan diambil isinya oleh programer.

Bersifat reusable atau bisa digunakan kembali.

Struktur dari RAM dibagi menjadi  4bagian  :

a.  Input  Strorage:     digunakan untuk menampung   input  yang dimasukan lewat alat                                          input

b.  Program Strorage: digunakan untuk menyimpan   semua  intruksi-intruksi                                                         program yang akan di proses

c.  Working  Strorage: digunakan untuk menyimpan data   yang akan diolah dan hasil                                        hasil pengolahan

d.  Output Strorage  :   digunakan untuk  menampung   hasil  akhir dari pengolahan                                    data yang akan di tampilkan ke output

4.2.Read Only Memory (ROM)

Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan.

Bersifat non volatile atau tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna.

Variasi dari ROM, yaitu  :

a.  PROM (programmable read only memory)

chip yang  kosong yang mana program dapat dituliskan ke   dalamnya dengan                  menggunakan suatu peralatan khusus

digunakan oleh pabrik sebagai control device di dalam   produk-produknya

b.  EPROM  (erasable programmable read only memory)

program dapat dihapus dan program yang baru bisa   dituliskan ke dalamnya dengan            menggunakan suatu   peralatan khusus yang menggunakan sinar ultraviolet

digunakan untuk controlling device, seperti robot dan   sebagainya

c.  EEPROM (electronic erasable programmable -read only memory)

dapat diprogram ulang dengan menggunakan suatu   electric impulses yang khusus             sehingga tidak perlu dicabut   atau diubah.

 

4.3. “complementary metal oxide semiconductor CMOS

CMOS (diucapkan dengan “seemoss”) adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.

Tanpa adanya data ini, komputer tidak akan bisa beroperasi.

CMOS lebih permanen dari pada RAM dan kurang permanen dibandingkan ROM. CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya.

Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

 

 

4.4.Virtual Memory

Virtual memory adalah suatu metode penyimpanan data dimana bagian dari program atau data disimpan di dalam magnetic disk dan tidak di dalam RAM, sampai suatu saat diperlukan. Ini akan memberikan semacam ilusi bahwa RAM tersebut sifatnya unlimited.

Jadi kesimpulannya, virtual memory mensimulasikan dirinya sebagai suatu RAM.

Dia mengijinkan komputer untuk menjalankan lebih banyak program daripada sebelumnya, memanipulasi data yang lebih besar dan juga menjalankan program yang besar tanpa takut kekurangan RAM. Virtual storage leih lambat daripada RAM dan sifatnya non volatile.

  1. 5.   Alat Input

Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input .

Input adalah energi yang dimasukan kedalam suatu sitem dan dapat berupa signal input / maintenace input .

Dalam sitem komputer ;

– signal input adalah data yang dimasukan kedalam  komputer .

– maintenace input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan .

Jadi  fungsi alat input selain untuk memasukan data dapat juga memasukan program.

Alat input yang memiliki fungsi ganda sebagai alat input itu sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil disebut Terminal.

Golongan terminal :

–        Non Intelligent Terminal berfungsi sebagai alat pemasukan input dan penampil  output saja sehingga tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai prosesor.

–        Smart Terminal mempunyai suatu microprocessor dan beberapa internal memory sehingga input yang sudah terlanjut dimasukan dapat dikoreksi kembali , tapi tidak dapat diprogram oleh pemakai komputer.

–        Intelligalent Terminal mempunyai microprocessor  dan internal memory dan juga dapat diprogram oleh pemakai komputer sehingga dapat dikoreksi kembali jika salah.

Alat input terbagi menjadi 2 golongna ;

– Alat input langsung

-Alat input tidak langsung

5.1.  Alat Input Langsung

 

Alat input langsung yaitu input yang dimasukan langsung proses oleh CPU tanpa lewat media lain , sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sitem komputer .

Beberapa golongan alat input langsung :

–         5.1.1 Keyboard (papan tombol)

–        5.1.2 Pointing device

–        5.1.3 Scaner

– 5.1.4 Cencor

– 5.1.5 Voice Recognizer

5.1.1. Keyboard (papan tombol)

Input dimasukan ke alat proses dengan cara mengetikan lewat penekatan tombol yang ada dikeyboard .

Berfungsi  : memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Beberapa alat yang mempergunakan keyboard :

a.  Teleprinter  terminal   : terdiri dari keyboard dan   tampilan berupa alat cetak (printer)                                                       sehingga apa yg   ditekan akan tercetak dilayar berbentuk kertas.

Contoh  : mesin tik

b.  Financial  transaction terminal : terdiri dari beberapa tombol keyboard tertentu                                                                  digunakan untuk transaksi yang berupa keuangan

Contoh : mesin ATM

c.  Point of sale terminal   : terdiri dari keyboard untuk   memasukan data barang yang dijual                                    dan display untu   menampilkan data transaksi dan alat cetak                                                         untuk tanda   terima pembeli

Contoh  : mesin kasir .

d.  Visual display terminala : terdiri dari  keyboard dan    visual display (tampilan visual)

Contoh  :

5.1.2. Pointing Device

Alat input ini digunakan untuk pembuatan grafik atau gambar,karena penggunaan keyboard kurang memuaskan.

Bebrapa alat yang menggunakannya :

a.  Mouse  : alat yang digunakan untuk    mengatur cursor dilayar.

b.  Touch Screen  : layar monitor yang akan   mengaktifkan program bila bagian tertentu                                  dilayar   disentuh dengan tangan.

c.  Light Pen    : alat yang menggunakan   pen khusus untuk menyentuh suatu titik dilayar                             dan   komputer serta posisi sentuhan lebih tepat dan teliti

d.  Digitizer  Graphics  Table  : Alat ini memungkinkan   untuk   membuat  garfik  atau                                                                  gambar  dengan cara menghubungkan dua buah titik                                                                 digrafic table yang menyerupai pen.

5.1.3. Scaner

Alat ini bekerja dengan cara meraba secara elektronik input  yang akan dibaca

Alat ini dapat berupa  :

a.  Magnetic Ink Charakter Recognition : alat  pembaca   penegnal karakter tinta  magneti                                                                    biasa digunakan di Bank  Amerika untuk                                                                              memproses cek yang ditulis

b.   Optikal Data Rider  : alat untuk membaca data data   langsung dari kertas  biasa tanpa                                          menggunakan tinta   magnetik khusus.

Dapat berupa  :

 1. OCR Reader

2. OCR Tag Reader

3. Bar Code Wand

4.OMR reader

 

5.1.4. Sensor
Alat input ini mampu secara langsung menangkap data kejadian phisik kemudian data analog tersebut dimasukan ke pengubah analog-to-digital converter yang berikutnya akan diproses oileh komputer .

5.1.5. Voice Recognizer
Alat ini membuat komputer mengerti omongan  manusia dengan menggunakan mikrophone .

5.2. Alat Input Tidak Langsung

Alat input tidak langsung adalah input yang dimasukan tidak langsung diproses oleh cpu melainkan direkam terlebih dahulu kesuatu media machine reable form.

Macam-macam nya

a.  Key-To-Card  : alat ini memungkinkan operator untuk   memasukan data yang akan                                 dipindahkan terlebih dahulu   kedalam bentuk media punched card.

(kartu plong/kartu pon) .

b.  Key-To-Tape  : alat ini memungkinkan operator untuk    merekam data ke media                                       simpanan luar  pita magnetik.

(tape reader/tape drive/tape unit) terlebih dahulu .

c.  Key-To-Disk  : alat ini memungkinkan operator untuk   merekam data terlebih dahulu                                 simpanan luar disk magnetik                                                                                                (diskette) .

  1. 6.   Alat Output

 

Alat Output adalah alat yang berfungsi untuk menampilkan keluaran dari komputer.

Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu:

  1. Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan   simbol-simbol lain.
  2.   Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
  3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
  4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin.

(machine-readable form), dalam bentuk simbol yang hanya   dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.

Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat output atau output device atau output unit.

Alat output dapat berbentuk:

—  Hard copy device, berupa alat yang digunakan untuk mencetak  tulisan (kata, angka, karakter khusus dan    simbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (kertas).bersifat permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari             alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum dipergunakan adalah printer yang digolongkan kedalam dua kategori impact printer dan      nonimpact printer.Alat output hard copy device yang lain adalah plotter dan computer output to microfilm.

—  Soft copy device, berupa alat yang digunakan untuk             menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus dan      simbol-simbol lain), image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) yang berupa signal elektronik.Yang umum dipakai biasanya berupa video display, flat panel dan  speaker

—  Drive device atau driver, berupa alat yang digunakan          untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat         dibaca oleh mesin (machine-readable form). Yang umum dipakain : mempergunakan media disk            magnetik adalah disk drive dan yang menggunakan media tape magnetik adalah tape drive.

  1. 7.   Alat Penyimpanan

Memori Eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas

Contoh dari memori eksternal :

  1. floppy disk
  2. harddisk
  3. cd-rom
  4. dvd

Hampir semua memori eksternal yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan tersebut.

Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu akses pun semakin cepat,namu makin besar juga tekanan terhadap piringan sehingga makin besar panas yang dihasilkan.

Untuk media berkapasitas besar dikenal beberapa sitem yang ukuran RPM nya sebagai berikut :

  • • 3600 RPM Pre-IDE
    • 5200 RPM IDE
    • 5400 RPM IDE/SCSI
    • 7200 RPM IDE/SCSI
    • 10000 RPM SCSI

Setiap memori eksternal memiliki alat baca dan tulis yang disebut head (pada harddisk) dan side (pada floppy).

Tiap piringan memiliki dua sisi head/side, yaitu sisi 0 dan sisi 1. Setiap head/side dibagi menjadi lingkaran lingkaran konsentris yang disebut track. Kumpulan track yang sama dari seluruh head yang ada disebut cylinder. Suatu track dibagi lagi menjadi daerah-daerah lebih kecil yang disebut sector.

  1. FLOOPY DISK

Floppy disk drive yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD).

–        Floppy disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD).

–        floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD) dan ntuk HD).

Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk memang cenderung kecil, apalagi jika dibandingkan dengan kebutuhan transfer dan penyimpanan data yang makin lama makin besar. Floppy disk hanya dapat menyimpan file teks, karena keterbatasan kapasitas. Walaupun demikian, penulisan pada floppy disk dapat dilakukan berulang-ulang, walaupun memakan waktu yang relatif lama.

  1. Hardisk

Sebagaimana disket, hardisk juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster.Sistem operasi komputer mencatat sektor berdasarkan cluster-nya. Sistem operasi Windows memberi nomor unik pada setiap cluster dan mencatat alamat file di hardisk menggunakan tabel alokasi file virtual (VFAT, Virtual File Allocation Table). VFAT merupakan salah satu metode untuk menyimpan dan mengetahui alamat file sesuai cluster yang digunakan.

  1. CD-ROM.

CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium.Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif.Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi.Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening.Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas.Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

  1. 4.     DVD (Digital VersatileDisc)

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc.DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.

  1. 1.  (DVD-R for General)       hanya sekali penulisan
  2. 2.  (DVD-R for Authoring)   hanya sekali penulisan
  3. 3.  (DVD-RAM)                     dapat ditulis berulang kali
  4. 4.  (DVD-RW)                        dapat ditulis berulang kali
  5. 5.  (DVD+R)                           hanya sekali penulisan Setiap versi
  6. 6.  (DVD recorder )              dapat membaca DVD-ROM disc

 

  1. 8.   Sistem Komputer

Sistem Komputer

Suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.

Untuk membentuk suatu sistem dibutuhkan elemen-elemen yang saling berhubungan seperti :

–        Hardware (perangkat keras) : Peralatan di sitem komputer yang secara phisik terlihat                                                dan dapat dijamah.

–        Software (perangkat lunak ) : Program yang berisi perintah perintah untuk melakukan                                          pengolahan data.

–        Brainware                             : Manusia yang terlibat didalam mengoprasikan serta                                                            mengatur sitem komputer.

Gambar Sistem Kerja Komputer

Keterangan

  1. Input device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukka                                 data atau perintah ke dalam computer.

Contoh : Keyboard,Mouse,Speaker,Scanner,Kamera Digital,Tocuhm,Microphone.

  1. Process device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data                 atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil                        pengolahan data tersebut kepada bagian output.

Contoh : CPU

  1. Output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan                        hasil yang telah diolah oleh bagian proses.

Contoh : Monitor, Printer, Speaker.

IV . Dasar-dasar Perangkat

 

v Pemprosesan dengan program

v Sistem software       : hubungangan hardware & software

v Aplikasi software :alat untuk pengguna

v Interface pengguna hubungan manusia dan mesin

v Interface pengguna yang akan datang

 

 

 

 

 

 

 

 

1.Pemprosesan Dengan Program

—  Program adalah suatu intruksi yang di berikan kepada suatu komputer .

—  Proses adalah suatu bagian dari program yang berada dalam setatus tertentu dalam rangkaian eksekusinya.

—  Jadi pemprosesan dengan komputer merupakan intruksi kepada komputer untuk mengolah suatu data atau perintah  yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output berada dalam status tertentu dalam rangkaian esekusinya .

2.Sistem software(hubungan hardware & Software)

Hubungan software dengan hardware

Hubungan antara hardware dan software ibarat hubungan antara roh dan jasad, artinya hardware komputer hanyalah mesin yang mati tidak dapat digunakan tanpa adanya software yang di install ke dalam hardware komputer. Adapun Software hanya akan menjadi sekumpulan program data digital semata dalam kepingan cakram disk (CD dan DVD) atau dalam memory digital lainnya. Hardware komputer hanya hidup dan dapat dipakai jika telah di install software program. Software komputer hanya bisa bekerja atau berfungsi jika telah di instalkan pada hardware komputer.

Contoh hardware        : monitor, keyboard, hard disk, dan segala sesuatu yang keberadaannya                                      dapat diraba oleh indera peraba kita.

Contoh software         : operating system, program aplikasi, utility program, dan segala                                       sesuatu yang             kehadirannya  tidak dapat diraba oleh indera peraba kita                                namun dapat dimonitor.

Adapun Software hanya akan menjadi sekumpulan program data digital semata dalam kepingan cakram disk (CD dan DVD) atau dalam memory digital lainnya. Hardware komputer hanya hidup dan dapat dipakai jika telah di install software program. Software komputer hanya bisa bekerja atau berfungsi jika telah di instalkan pada hardware komputer.

Jelas keduanya saling berkaitan sehingga keduanya menjadi penting         :

–           Hardware tanpa software, seperti onggokan besi yang tidak            berarti apa-apa.

–           Sedangkan software tanpa hardware ibarat angan-anganyang tak pernah                            terealisasi.

Namun demikian, pada akhirnya, software sering bernilai (dihargai) jauh lebih tinggi ketimbang hardware (tetapi banyak juga software yang bernilai rendah, semua tergantung kemanfaatannya bagi user).

Ada dua istilah yang umum di komputer, yaitu hardware dan software. Umumnya, hardware diterjemahkan dengan perangkat keras, sedangkan software diterjemahkan dengan perangkat lunak. Contoh hardware adalah monitor, keyboard, hard disk, dan segala sesuatu yang keberadaannya dapat diraba oleh indera peraba kita. Contoh software adalah operating system, program aplikasi, utility program, dan segala sesuatu yang kehadirannya tidak dapat diraba oleh indera peraba kita namun dapat dimonitor.

MANA YANG LEBIH PENTING ?

Jelas keduanya saling berkait sehingga keduanya menjadi penting, komputer tanpa software, seperti onggokan besi yang tidak berarti apa-apa. Sedangkan software tanpa hardware ibarat angan-angan yang tak pernah terealisasi. Namun demikian, pada akhirnya, software sering bernilai (dihargai) jauh lebih tinggi ketimbang hardware (tetapi banyak juga software yang bernilai rendah, semua tergantung kemanfaatannya bagi user).

Sistem perangkat lunak adalah program komputer  yang berinteraksi dengan komputer tingkat rendah tingkat yang sangat dasar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Aplikasi software(alat untuk pengguna)

Aplikasi perangkat lunak (Software) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu.

Ada berbagai software aplikasi yang biasa digunakan yaitu :

  1. Free Software adalah setiap program yang  dapat   digunakan, disalin, dipelajari  dan didistribusikan tanpa   pembatasan dan gratis .
  2. Perangkat lunak komersial adalah perangkat lunak yang   dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan   bagi perusahaan yang dibuat baik dengan menjual atau   lisensi penggunaan iklan dalam program .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.Interface pengguna(hubungan manusia dan mesin)

  • Interface (antarmuka) adalah tempat suatu piranti dihubungkan dengan piranti yang lain (contoh port paralel untuk menghubungkan komputer dengan printer) Spesifikasi-spesifikasi interface harus memiliki :
  • Mekanik               : bentuk fisik dari port, jumlah pin , dll .
  • Tegangan Listrik: karateristik dari tegangan listrik            yang diperlukan untuk                                                       pengenal data.
  • Fungsi: signal-signal yang diguna atau fungsi pin-pin yang ada                                                        Dikategorikan menjadi 4 :

~       Data

~       Pengontrol

~       Penguat

~       penetral (grounmud).

  • Prosedur         : prosedur atau langkah-langkah penggunaan signal untuk konikasi data yang berlaku.

—  Tujuan sebuah user interface : mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

—  Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif  untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua barangkali kedua tertua setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.

—  Praktis semua pengguna komputer dan Internet kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca dapat mengerti tulisan.

—  Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa.

—  Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

Macam Hubungan (Interaksi) Manusia – mesin :

1. Sistem manusia – mesin secara Manual
2. Sistem manusia – mesin secara Semi-otomatis
3. Sistem manusia – mesin secara Otomatis

Sistem manusia – Mesin Secara Manual :

l       Masukan ( Input) akan langsung ditransformasikan oleh manusia menjadi keluaran (output)

l        Manusia memegang kendali secara penuh dalam menjalankan aktifitas

l       Manusia sebagai sumber tenaga (Power) dan sekaligus fungsi kendali (Control)

Sistem manusia – mesin secara Semi-otomatis :

  1. Adanya mekanisme khusus yg akan mengolah masukan (input) atau informasi dari luar sebelum masuk kedalam system manusia.
  2. Mesin yg memberikan sumber tenanga (Power).
  3. Manusia yg melakukan proses kendali (Control).

Sistem manusia – mesin secara Otomatis :

e       Manusia hanya memonitor agar mesin dapat bekerja secara baik.

e       Manusia dapat memasukan data atau mengganti program apabila diperlukan.

e       Mesin berfungsi penuh sebagai sumber tenanga (Power) & Pengendali (Control) aktifitas.

Berdasarkan Penyelidikan :

~       Kedua sub Manusia & Mesin mempunyai kelebihan dan kekurangan.

~       Ada pekerjaan yang akan lebih baik jika dikerjakan oleh Manusia.

~       Ada pekerjaan yang lebih baik dikerjakan oleh Mesin.

 

 

 

5.Interface pengguna yang akan datang

 

Tujuan sebuah user interface : mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif  untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua barangkali kedua tertua setelah gesture yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.

Praktis semua pengguna komputer dan Internet kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca dapat mengerti tulisan.

Meski pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa.

Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

 

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

è Komputer dapat digunakan dengan  baik  jika ketiga elemen komputer salin berhubungan dan membentuk satuan kesatuan .

è Tanpa adanya  software  , hardware komputer tidak dapat berfungsi dengan baik hanya seperti benda mati saja. Software yang akan mengoprasikan                                        hardwarenya.Hardware yang sudah didukung software tidak akan berfungsi tanpa               adanya  manusia(brainware ).

è Begitupun alat-alat outpun / input lainnya jika tidak ada salah satu pendukung komputer tidak akan broprasi dengan baik.

TERIMA KASIH

Dosen  : Nahot Frastian, S.Kom

Daftar pustaka

www.google.com

www.bookrags.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: