KELOMPOK 10

1. TEDY IRHAMSYAH
2. NUR SAFAAT EKA PUTRA
3. DEDEN CAHYADI

 

Proses Pengolahan Kata

Word processor (pengolah kata) merupakan sebuah software aplikasi yang memungkinkan seorang pengguna komputer untuk dapat membuat, memanipulasi tampilan, mengedit dan menyimpan sebuah dokumen.

Dokumen yang dimaksud dapat terdiri dari teks, angka, gambar, foto atau kombinasi dari dua atau lebih format-format tersebut. Aplikasi word precessor alias pengolah kata dapat diinstal pada komputer desktop atau komputer laptop, atau merupakan software yang telah menjadi bagian dari sistem operasi tertentu.

 

Aplikasi Pengolahan Kata :

 

•Microsoft Word
• Open Office Word
• WS (Word Star)
• Adobe Office
• Wordpad
• NOTEPAD
• WORDPAD
• StarOffice Writer
• Open Office Writer
• AbiWord
• KWord

Sejarah Desktop

Graphical User Interface (GUI), atau Tampilan Antarmuka Grafis , yakni teknologi penggunaan ikon grafis dan perangkat pengarah dalam mengendalikan komputer, telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sebelum memiliki tampilan indah seperti halnya Apple OS X atau Microsoft Windows 7, GUI memiliki sejarah panjang dalam dunia komputer.

Selama ini kita mungkin hanya mengenal GUI dari dua sistem operasi terkenal itu. Padahal, implementasi GUI pertama kali dilakukan Xerox. Betul, sebelum menancapkan brand image mesin fotokopi, Xerox adalah perusahaan IT pembuat OS seperti halnya Apple atau Microsoft. Bahkan PC pertama kali dibuat oleh Xerox, bukan IBM.

 

Pada tahun 1973 Xerox PARC mengembangkan komputer personal Xerox Alto. Meski bukan produk komersial, Xerox Alto merupakan komputer yang pertama kali menggunakan desktop dan GUI. Xerox Alto digunakan di PARC dan beberapa universitas di AS.

 

Tahun 1974, Xerox mengembangkan bitmap editor WYSIWYG cut-paste (What You See Is What You Get) pertama,

 

Tahun 1979, beberapa mantan pekerja PARC bergabung ke Macintosh mengembangkan proyek sistem GUI yang baru yang dinamakan Lisa.

 

Purwarupa Lisa, Desember 1980. Bagi pengguna Apple: tampak familiar dengan Browser View di Mac OS X

 

Sampai dengan tahun 1990 banyak pemakai PC menggunakan MicrosoftWindows 3.0, versi Windows populer secara luas digunakan/dicoba banyakpemakai PC.

 

Windows 1.0 package

 

Isi Paket: MS-DOS Executive, Calendar, Cardfile, Notepad, Terminal,Calculator, Clock, Reversi, Control Panel, PIF (Program Information File) Editor,Print Spooler, Clipboard, RAMDrive, Windows Write, Windows Paint.Gambar 6.2.

 

1987: Windows 2.0

Kecepatan pengolahan ditingkatkan (dengan adanya prosesor Intel286),memori diperluas, dan kemampuan komunikasi antar aplikasi denganDDE. Dukungan grafis ditingkatkan sehingga dapat ditampilkan jendela2 yangsaling bertumpuk, penggunaan kombinasi tombol di keyboard untukmenjelajahi seluruh operasional Windows dengan lebih cepat. Banyakpengembang software mulai menulis aplikasi yang ‘jalan di windows'(Windows-based).

 

1988: Windows 2.03

Memanfatkan kemampuan/adanya ‘protected mode’ dan ‘extended memory’yang dibawa oleh processor Intel 386. Windows release berikutnya tetapmeningkatkan kecepatan, keandalan, dan utilitas. Gambar 6.3. Tampilan desktop Window 2.0 dan windows 3.01

 

1990: Windows 3.0

Release Utama yang ketiga: Platform Windows dari Microsoft menawarkanpeningkatan unjuk kerja, grafis dengan 16 warna, dan dukungan penuhterhadap prosesor Intel 386. Hal yang mendongkrak popularitas Windows3.0 adalah adanya fitur-fitur yang berguna: Manajer Program, Manajer File,dan Print Manajer, icon – icon yang ditingkatkan.

 

1993: Windows 3.11 For Workgroups

Ditambahkan peer-to-peer workgroup dan dukungan networking local (LAN).PC yang berbasis Windows menjadi ‘network-aware’. Windows for Workgroupsdigunakan di dalam LAN juga pada PC standalone dan laptop. Hal ini tentumenarik minat para pemakai [perseroan/perusahaan], apalagi adanyakeamanan yang terpusat, ditingkatkannya dukungan untuk Novell NetWare jaringan, dan RAS (remote access service).

1993: Windows NT 3.1

Mungkin untuk memelihara konsistensi dengan Windows 3.1, Windows NTyang baru juga diberi nama 3.1. Perbedaan yang mencolok dengan Windows3.1, Windows NT 3.1 adalah sistem operasi 32-bit dan berkemampuan untukmenghandel client/server, mengenal file system NTFS.

 

1993: Windows NT WorkStation 3.5

Melanjutkan NT 3.1 dengan meningkatkan kemampuan dan keamanan sertadukungan untuk OpenGL, dukungan untuk file Netware dan Print Server.Adanya penamaan file yang friendly (long name file) s/d 255 karakter. (versisebelumnya nama file = 8+3 karakter). Tahun 1993: jumlah pemakai windowsberlisensi konon lebih dari 25 juta.

 

1995: Windows 95

Pengganti tiga SO ‘general-purpose desktop sistem’ dari Windows 3.1,Windows forWorkgroups, dan MS-DOS. Dalam Windows 95 terintegrasi 32-bit TCP/IP, built in dukungan internet, dial-up networking, dan kemampuan Plugand Ply yang menggampangkan pemakai dalam menginstal hardware maupunsoftware. SO 32-Bit ini juga meningkatkan kemampuan multimedia, fitur’mobile computing’ yang lebih powerful, dan networking yang terintegrasi.Memperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu “Start”, menuinovatif untuk mengakses grup program (penggantiProgram Manager), selainitu juga diperkenalkan Windows Explorer  sebagai penggantiFile Manager

,dukungan plug-and-play , dukungan program 16 dan 32-bit, dan dukunganbagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaanhingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.

1996: Windows NT Work-Stasiun 4.0

User interface Widows 95 dipakai dalam OS ini. Networking menjadi lebihmudah, keamanan penggunaan dan data ditingkatkan. Oktober 1998,Microsoft mengumumkan Windows NT akan tidak lagi mencantumkan ‘NT’ danversi utama berikutnya akan disebut Windows 2000.

 

1998: Windows 98

Upgrade dari Windows 95, disebut sebagai SO yang ” Bekerja Lebih baik,bermain lebih baik,”. Windows 98 adalah versi Windows pertama yang khususdirancang untuk konsumen. Dengan Windows 98, para pemakai bisa temukaninformasi dengan lebih mudah baik dari PC-nya maupun di Internet. Selain itumencakup juga kemampuan untuk membuka dan menutup aplikasi dengancepat, dengan tambahan dukungan AGP, USB, enhanced PlugAndPlay, ActiveDesktop, dan versi terbaru dari Internet Explorer serta mampu membaca DVD.

 

1999: Windows 98 Second Edition

Windows 98 SE yang user friendly, meningkatkan compatibilitas berbagaihardware dan fitur Internet. Adanya Internet Explorer 5.0 NetMeeting 3.0 jugaDirectX, meningkatkan Multimedia, Home Networking. Dukungan NAT untukberbagi koneksi Internet, pembacaan DVD, dan Windows NetMeeting 3.Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan 16/32 bit kernel, danmasuk pada keluarga Windows 9x. Windows 98 ini kemudian diteruskan olehWindows ME (Windows Millenium Edition)

1999: Windows 2000 Professional (atauWindows NT5.1 built 2159)

Bukan hanya sekedar upgrading dari Windows NT 4, Windows 2000 Pro jugadirancang untuk menggantikan Windows 9x, Windows NT WorkStation 4.0.Dibangun diatas code base WIndows NT WorkStation 4.0 yang sudah terbuktihandalnya, Windows 2000 Pro menambahkan peningkatan kehandalan,kemudahan pakai, compatibilitas Internet dan dukungan terhadap mobilecomputing. Selain itu Windows 2000 Pro mendukung berbagai hardware ‘Plugand Play’ termasuk networking dan produk nirkabel (wireless), device USB,IEEE 1394 dan infrared.

 

2000: Windows Millennium Edition (Windows Me)

Dirancang untuk pengguna rumahan (home computer users) Me menawarkanbanyak musik dan video, peningkatan home networking dan kehandalan SO.Ada System Restore, Movie Maker, WAM (Windows Media Player 7, Windowsexplorer yang menampilkan ‘Thumbnail’ Windows Me adalah SO versi terakhiryang berdasarkan codebase Win95. Microsoft mengumumkan bahwa semuaSO produk berikutnya akan berbasis kernel dari Windows NT dan Windows2000.

 

2001: Windows XP

Dengan Windows XP (Oktober 2001) dua type SO (consumers dan bussiness)dijadikan satu, dengan memakai code base Windows 2000. “XP” kependekandari “eXPerience,” melambangkan pengalaman yang inovatif yang dapatdisajikan oleh WIndows kepada pemakai PC. Dengan Windows XP, penggunarumahan (home users) dapat bekerja sambil menikmati musik, movies,messaging dan foto-foto di komputernya, sementara pengguna bisnis dapatbekerja dengan lebih gampang cepat dan akurat, berkat teknology batu:technical-support.

2001: Windows XP Professional

Windows XP Professional mengusung pondasi kokoh milik Windows 2000 kedesktop PC, yaitu adanya peningkatan reliability (kehandalan), security(keamanan), dan performance (unjuk kerja). Dengan disain visual yang anyardan segar, Windows XP Professional membawa fitur-fitur: ‘business andadvanced home computing’, termasuk remote desktop support, encrypting filesystem, dan system restore serta fitur advanced networking. Peningkatanuntuk mobile users antara lain: wireless 802.1x networking support, WindowsMessenger, dan Remote Assistance.

 

2001: Windows XP Home Edition

Fitur yang sering dipakai lebih gampang diakses.: Network Setup Wizard,Windows Media Player, Windows Movie Maker, dan peningkatan pengolahandigital photo.

 

2001: Windows XP 64-bit Edition

Client SO 64-bit pertama dari Microsoft, untuk memuaskan para Power Usersyang menggunakan processor Intel Itanium 64-bit, dirancang khusus untukpengguna workstation yang menggunakan memory besar dan floating point,antara lain untuk bidang movie special effects, 3D animation, engineering,dan scientific applications.

 

2002: Windows XP Media Center Edition

Dirilis untuk ‘home computing and entertainment’. Dengan semua keunggulanWindows XP Professional, Media Center Edition menawarkan opsi digital mediaand entertainment, yang memingkinkan pengguna rumahan browsing diInternet, menikmati siaran TV live, berkmunikasi dengan teman dan famili,menikmati koleksi digital musik dan digital video, memutar DVD, bekerja darirumah.

 

Peralatan Kerja

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Bagian-bagian dari M.Word

 

Tittle Bar

Tittle Bar atau baris judul digunakan untuk menampilkan nama file yang aktif. Pada bagian pojok kanan atas terdapat ikon untuk minimize, maximize, restore, dan close.

 

Menu Bar

Menu Bar adalah baris yang memuat sekumpulan menu berupa tulisan, yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help.

 

Ruler (Mistar) digunakan sebagai alat bantu dalam mengukur margin, tabulasi, dan paragraf.

sekumpulan ikon yang berisi perintah – perintah Microsoft Word, biasanya terletak di bawah menu bar.

 

Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan ikon yang berisi perintah – perintah Microsoft Word, biasanya terletak di bawah menu bar.

Scroll Bar digunakan untuk menggeser lembar kerja yang tidak tampak pada layar agar dapat ditampilkan.

 

Status Bar terletak pada bagian bawah layar Microsoft Word. Status bar beirisi informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting, antara lain:nomor halaman, nomor seksi, baris, kolom, dan lain sebagainya.

 

Kursor berbentuk garis vertikal yang senantiasa berkedip – kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi ini

Fokus Pada Grafik

Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif

 

Masukan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll

Proses dan Penyimpanan

Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll

Cabang ilmu Grafik

 

1. Pemrosesan citra (image processing)

2. Pengenalan pola (pattern recognition)

3. Bagian dari grafik komputer

Geometri  : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang

Animasi    : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan

Rendering  : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

Citra    : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar

 

Unsur-unsur Grafik

 

Garis (Line)

Bentuk (Shape)

Tekstur (Texture)

Ukuran (Size)

Warna (Color)

Bentuk Grafik

 

Bentuk sederhana dari grafik komputer ada 2 adalah yaitu :

 

•Grafik komputer 2 dimensi

biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar

 

•Grafik komputer 3 dimensi

biasa disebut 3D atau ruang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi

 

Media yang Dinamis

Hypermedia adalah komputer berbasis sistem temu kembali informasi yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh atau menyediakan akses ke rekaman teks, audio dan video, foto, dan grafis komputer yang berhubungan dengan topik tertentu.

 

Multimedia Interaktif

Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linear, dan multimedia interaktif.

Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya TV dan film

 

Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game dll.

Data yang di Padatkan

 

Dalam ilmu komputer, pemampatan data atau kompresi data adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut.

Pemampatan data tanpa kehilangan

Teknik ini mampu memadatkan data dan mengembalikannya sama persis seperti semula. Tidak ada informasi yang hilang atau harus dikurangi dalam proses untuk mengurangi ukuran besar data.

 

Pemampatan data berkehilangan

Dengan teknik ini, kehilangan data yang kecil masih dapat diterima. Dengan algoritma tertentu, detil berkas dipangkas supaya ukuran data bisa dikecilkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: