KELOMPOK 1

Oleh Kelompok 1 :

  • Vibri Sisca (201243500375)
  • Rika Dinia (201243500376)
  • Elis Oktaviani (201243500401)
  • Pipit Firrotus Su’udiyah (201243500449)

I.          KATA SAMBUTAN

Sebagaimana yang telah ditugaskan oleg Dosen mata pelajaran Pengantar Teknologi Informasi untuk membuat beberapa lembar makalah mengenai pelajaran Teknologi Informasi, kami kelompok 1 telah membuatnya yang Insya Allah dapat bermanfaat bagi semua khususnya untuk kami.

Teknologi Informasi dan Komunikasi ini untuk mempersiapkan semua peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan TIK, hal itu berpengaruh besar terhadap aspek kehidupan sehari-hari dan dimanfaatkan untuk beradaptasi di lingkungan. tujuan dibuatnya kliping ini untuk menambahkan nilai mata pelajaran ini, selain itu untuk menambah wawasan dan menguji kekompakan kelompok.

Pepatah mengatakan “tiada gading yang tak retak”, tentu dalam penyajian makalah ini masih terdapat kesalahan dan kekurangsempurnaan, untuk itu kami meminta maaf, sekali lagi semoga dari hadirnya buku ini bisa bermanfaat.

Wassalam,

Kelompok 1

  II.          PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah begitu pesat, sehingga menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang di atas tersebut. Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan IPTEK. Khususnya untuk kepentingan bangsa sendiri. Untuk mencapai maksud tersebut pemerintah menuangkannya dalam salah satu bentuk dari tujuan dan arah Pembangunan Nasional, yaitu Sektor/Bidang IPTEK. Arah dari penuangan sektor IPTEK dalam Pembangunan Nasional adalah dimaksudkan untuk :

  1. Menentukan keberhasilan membangun masyarakat maju dan mandiri.
  2. Mempercepat peningkatan kecerdasan dan kemampuan bangsa, dan
  3. Untuk mempercepat proses pembaharuan.

Sedangkan sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi itu di antara nya adalah untuk :

  1. Meningkatkan kesejahteraan, kemajuan peradaban, ketangguhan, dan daya saing bangsa.
  2. Memacu pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  3. Menuju masyarakat yang berkualitas maju, mandiri, dan sejahtera (P3TIE-BPPT 2001:69).

III.          PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

  1. A.    PENGERTIAN DASAR KOMPUTER

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang ataupun dipindahkan.

Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari computer itu sendiri ataupun sebagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.

Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan brainware (perangkat manusia).

Konsep hardware – software – brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.

Berikut ini adalah Pengertian Komputer menurut beberapa tokoh :

  1. Menurut Blissmer (1985)

komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. Menurut Sanders (1985)

komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Pengertian Komputer dari beberapa buku :

  1. Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer).

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

  • Menerima Input
  • Memproses Input tadi sesuai dengan programmnya
  • Menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan Output dalam bentuk informasi
  1. Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders).

komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkanoutput dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

  1. Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky).

komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

  1. Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri).

komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

  1. Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis).

komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa Komputer adalah :

  • Alat Elektronik
  • Dapat menerima Input data
  • Dapat mengolah data
  • Dapat memberikan informasi
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya
  • Bekerja secara otomatis

 

 

Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja Pengertian Komputer itu sendiri akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti. Tertarik seputar komputer sobat bisa baca juga sejarah Komputer serta pemahaman akan perangkat keras komputer.

Dijaman yang serba digital dan computerize saat ini mengakibatkan kehidupan kita tidak bisa lepas dari yang namanya komputer. Kata komputer sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE yang berarti menghitung. Berdasarkan arti tersebut, maka secara harafiah komputer bisa diartikan sebagai sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data informasi yang berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan output yang kita kehendaki.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi Komputer menurut beberapa ahli :

  1. 1.     HAMACHER

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi

  1. 2.     BLISSMER

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi

  1. 3.     FUORI

Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi tanpa campur tangan manusia.

  1. 4.     ELIAS M. AWAD

Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk diskret (digital) dan data kontinyu (analog).

  1. 5.     LARRY LONG & NANCY LONG

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik

  1. 6.     ROBERT H. BLISSMER

Komputer adalah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. 7.     DONALD H. SANDERS

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output, belerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpanannya dan program tersebut dikenal dengan nama sistem operasi

 

  1. 8.     WILLIAMS, SAWYER

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.

  1. B.    MANFAAT KOMPUTER

Tanpa kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.

Para ahli-ahli fisika elektronika dan komputer telah mengembangkan microprocessor yang berkemampuan besar. Pengolah semacam itu banyak digunakan sebagai bagian pengendali dari produk tenaga lain seperti peluru kendali, kendaraan bermotor, pesawat udara, kamera, komputer pribadi dan hal ini terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.

Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :

  • Penyimpanan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
  • Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi.
  • Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan.
  • Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
  • Pemesanan tiket pesawat terbang pada perusahaan penerbangan domestic maupun international.
  • Administrasi Negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM, dan lain sebagainya.
  • Penggunaan komputer dalam bidang industri.

Beberapa contoh diatas merupakan sedikit contoh pemanfaatan komputer di berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak bidang lain yang belum disebutkan. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut. Pengamatan terhadap dampak dari komputer dimasyarakat dapat dilakukan dengan memanfaatkan tekhnologi disekitar masyarakat.

Komputer seringkali dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik digunakan untuk meringankan pekerjaan maupun untuk bekerja. Fungsi komputer yang sering kali dimanfaatkan oleh manusia diantara :

  1. Mempermudah Pengetikan

Dulu orang-orang menggunakan mesin tik untuk menulis, maka setiap kali orang itu salah ketik, kertas akan langsung disobek dan kembali mengetik ulang. Dan lagi dokumennya tidak dapat di edit, sementara jika kita menggunakan komputer, kita bisa delete kesalahan dan mengedit dokumen tersebut.

  1. Sarana Komunikasi

Pada zamannya, orang-orang berkomunikasi menggunakan fasilitas telepon, dimana kita hanya dapat berinteraksi melalui suara saja. Tapi, dengan adanya komputer kita dapat :

  • Berkomunikasi melalui Webcam.
  • Melakukan Chatting.
  • Mengirim file gambar ataupun audio melalui e-mail.
  1. Sarana Hiburan

Dengan adanya komputer, kita tidak hanya melakukan refreshing dengan menonton TV, mendengarkan radio, atau sekedar membaca Koran dan majalah. Melainkan, kita dapat menghibur diri dengan fasilitas yang terdapat pada komputer seperti :

  • Bermain Video Games Offline ataupun Online.
  • Chatting atau Webcam dengan teman.
  1. Alat Pendidikan

Mayoritas sebuah pendidikan di dapatkan dari buku. Beberapa juga bisa memanfaatkan televisi, radio maupun media cetak lain. Tapi, berkat teknologi yang makin berkembang, komputer pun kini bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan. Dengan menggunakan program tertentu maupun internet. Baik murid maupun guru sering kali mengambil materi dari internet itu sendiri.

  1. Pembelajaran Otodidak

Tidak banyak orang yang mampu mengambil beberapa kursus sekaligus. Belum tentu juga mereka mampu menyisihkan waktu untuk melakukan kursus diluar jam sekolah. Oleh karenanya, setiap kali ada waktu luang, mereka menyisihkan untuk mencari materi di internet. Untuk kemudian di pelajari sendiri, secara otodidak. Tentunya, selain menghemat waktu, hal ini juga mampu menghemat kantong.

  1. Sarana Informasi

Dengan adanya komputer (yang terhubung internet) kita bisa mencari banyak informasi. Mulai berita terbaru, travel, produk terbaru, perdangan maupun politik.

  1. Sarana Usaha

Selain sebagai sarana informasi, pendidikan dan digunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan, komputer juga bisa di manfaatkan untuk usaha seperti warnet, usaha design arsitektur, usaha video editing maupun percetakan dan sablon.

  1. Sarana Pengontrolan

Sering kali komputer digunakan sebagai alat control jarak dekat maupun jauh untuk memantau keadaan perusahaan itu sendiri. Baik mengontrol escalator, tata lampu traffic jalanan, maupun memantau CCTV.

  1. Pemanfaatan Pada Bidang Kesehatan

Di zaman yang serba canggih ini, pada bidang kesehatan pun sudah mulai memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas. Diantaranya adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra Sonografi).

  1. Pemanfaatan Pada Bidang Keamanan

Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.

Fungsi dari penciptaanya komputer adalah sebuah alat hitung. Bersamaan dengan berkembangnya zaman. komputer juga di Pada awalnya butuhkan dalam berbagai aspek dalam kehidupan. Inilah sebagian contoh manfaat komputer di berbagai bidang. Berikut adalah pemanfaatan Komputer di berbagai Bidang :

  1. Bidang Pendidikan

Salah satu manfaat kompter yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajaruntuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi di kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak –anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja.

Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan kompuer. Bisa membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.

  1. Bidang Bisnis

Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainya.

Selain itu, kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perushaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakukan.. hal ini akan menjadi modal di dalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

  1. Bidang Perbankan

Dibidang perbankan, sangat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer,segala aktivitas perbankan baik itu simpan pinjam dan transaksi keuangan lainya dapat berjalan dengan lancar. Adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah.

Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salahsatu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam mengembangkan diri. Tanpa sistem komputer yang kuat, bidang perbankan tidak dapat berjalan dengan baik.

  1. Bidang Pertahanan dan Kemanan

Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.

  1. Bidang Seni

Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni. Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:

  • Seni Gambar

Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program (photoshop, Coreldraw, dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.

  • Seni Musik

Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo irama.

  • Seni Film

Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat.

Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

  1. Bidang Kesehatan

Sekarang ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan.

Salah satu contoh pengaplikasian IT didunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG.

 

  1. Bidang Transportasi

Penggunaan komputer di bidang transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.

Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu. Selain itu, dengan komputer semua jalur penerbangan di Bandara bisa di program dengan komputer. Untuk menerbangkan pesawat itu sendiri membutuhkan dan harus dilengkapi dengan komputer. Bahkan diketinggian tertentu pesawat dapat di terbangkan dengan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram oleh komputer. Demikian juga penjualan tiket di terminal, bandara, dan stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer.

  1. Bidang Komunikasi

Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-Mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon.

  1. Bidang Perindustrian

Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing)   untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalah kekurangan tenaga kerja.

Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.

  1. C.    HUBUNGAN KOMPUTER DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
    1. Pengertian Teknologi Informasi

Seperti biasa pengertian sebuah konsep dari beberapa pandangan atau pendapat oleh para ahli berbeda-beda, namun tetap memiliki makna yang sama dan substansi yang sama. Begitupun dengan pengertian teknologi informasi yang diajukan oleh para ahli, seperti berikut ini.

Everett MR (1986) mengatakan bahwa teknologi informasi merupakan perangkat keras yang bersifat organisatoris dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau banyak orang (umum) mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain.

Lucas (2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan (digunakan) untuk memperoses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, micro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak, pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (worksheet) dan peralatan komunikasi dan jaringan.

Sedangkan Wawan Wardiana (2000) mengemukakan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, memanipulasi data berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Dari pendapat-pendapat yang diajukan oleh para ahli di atas (ingat! masih banyak pendapat lain) dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi informasi adalah sebauh alat atau teknologi yang digunakan untuk memperoleh berita (informasi).

  1. Pengertian Teknologi Komputer

Pengertian informasi disimpulkan sebagai sebuah proses pengolahan data berupa data (informasi) dengan menggunakan perangkat komputer atau alat elektronik lain yang berfungsi memproses termasuk menyimpan dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

Sedangkan Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

  1. Keterkaitan antara Teknologi Informasi dan Komputer

Dari definisi teknologi informasi dan komputer pada bagian atas, kita dapat menyatakan bahwa kedua definisi tersebut memiliki keterkaitan antara keduanya. Dengan teknologi informasi lebih menekankan pada proses pengolahan data (informasi), yang dapat berupa masukan data (melalui perangkat keras), menyimpan (dalam CPU) dan menampilan data (printout) dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer. Sedangkan komputer adalah media dalam menyampaikan informasi, sehingga dapat mengkomunikasikan informasi tersebut secara efektif dan efisien. Contoh :

“cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputeratau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” teknologi informasidan Komputer telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses mengajar.

IV.          KOMPUTER : DARI KALKULASI HINGGA KOMUNIKASI

  1. A.    HIDUP TANPA KOMPUTER

Sejak dari tahun 1990an komputer sudah menjadi alat pembantu kita untuk kegiaatan sehari-hari. Komputer adalah sebuah alat dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi, data-data, dan program untuk mempermudah perkerjaan sehari-hari kita dalam hal informasi dan komunikasi. Komputer berarti alat mempermudah.

Memang komputer susah untuk diproduksi dengan alat-alat hardware dan software yang canggih dan rumit. Tetapi dengan keperluan masyarkat dengan benda ini, banyak perusahaan telah memproduksi komputer dengan cepat dan harga yang terjangkau. Dengan ini, hampir semua orang di dunia menggunakan komputer ataupun laptop.

Dengan bergabungnya komputer dan internet di masa ini telah menjadi tangga tinggi untuk perkembangan teknologi di tahun-tahun yang akan datang. Kombinasi dari 2 benda ini dapat membuat tugas-tugas kita dengan cepat , effisien, d an effektif. Membuat perpindahan informasi dan komunikasi secara cepat dan hidup bersosialisasi juga menjadi erat dengan sesama.

Komputer menyediakan software-software yang juga menyediakan cara-cara effektif untuk membuat tugas-tugas dan informasi secara cepat dan lancer. Salah satuh contohnya adalh mircrosoft, dimana kita dapat membuat tulisan-tulisan, table, presenatasi dengan cepat dan bagus. Sedangkan internet mempermudah kita untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi, seperti Google, Msn, dan Hotmail. Hubungan dengan sesama juga menjadi semakin erat, dengan tersedianya Twitter dan Facebook.

Konklusinya adalah dengan adanya kombinasi antara komputer dan internet. Kegiatan sehari-hari kit dapat dibantu dengan membuatnya lebih mudah. Dan juga informasi tersedia dengan cepat untuk menambah ilmu pengetahuan. Yang lebih pentingnya adalah, 2 hal ini meningkatkan rasa bersosialisasi yang lebih erat terhadap sesame.

  1. B.    MESIN PROSES INFORMASI

Bagian terpenting pada komputer yang mendukung berjalannya suatu sistem informasi adalah CPU atau Central Processing Unit, di mana di CPU itulah pusat seluruh kegiatan komputer yang mengubah input menjadi output yang diinginkan. Bagian-bagian komputer yang berguna dalam suatu sistem informasi yang mampu menghasilkan output seperti yang diinginkan itu terdiri dari peralatan penginputan, peralatan untuk memproses input, peralatan penyimpanan dan keluaran atau hasil output.

Adapun Cara Kerja CPU Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

  1. C.    KLASIFIKASI / PENGELOMPOKAN KOMPUTER
    1. Generasi Komputer

Berdasarkan generasinya, komputer dapat dibedakan menjadi :

  1. Generasi Pertama

Permulaan dari generasi komputer memiliki komponen elektronika berupa Vacum Tube. Komputer generasi pertama ini masih dalam ukuran yang sangat besar dan juga mengeluarkan udara panas serta masih memiliki kapasitas yang kecil dan sangat terbatas. Contoh computer generasi pertama ini adalah IBM-650

  1. Generasi Kedua

Transistor adalah awal dari masuknya generasi computer kedua. Jika dibandingkan dengan tabung hampa, transistor jauh lebih kecil sehingga fisik komputer akan jauh lebih juga. Selain lebih kecil komputer generasi kedua juga memiliki kecepatan yang semakin tinggi dalam pengolahan data, tidak banyak mengeluarkan panas, dan kapasitas memori semakin besar serta telah memiliki Teleprocessing yaitu proses data jauh antara satu komputer dengan lainnya. Contoh komputer generasi kedua adalah IBM Model 1620, IBM 1410, dll.

  1. Generasi Ketiga

Solid Logic Technologies dan Monolithic Integrated Circuit adalah sebuah penemuan besar dalam teknologi elektronika. Dengan ini ukuran komputer semakin kecil dan kapasitas memori semakin besar serta proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM S/730, UNIVAC 1106, dll

  1. Generasi Keempat

Penemuan besar di generasi keempat, Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip. Tak selang berapa lama (1980) kemudian juga ditemukan produk tiruannya yaitu 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal. Dan mungkin Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa untuk dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Salah satu produk chip adalah Intel 4004 yang dibuat pada pertengahan tahun1971.

  1. Generasi Kelima

Banyak kemajuan dibidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Pemrosesan paralel akan menggantikan model non Neuman, model dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak yang dapat mempercepat informasi. Jepang adalah Negara yang terkenal dalam sosialisasi komputer generasi kelima.

  1. Klasifikasi Komputer

Berdasarkan cara pengklafikasiannya, komputer dapat dibedakan menjadi :

  1. Microcontroller

Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:

  • Pemroses (processing)
  • Memori
  • Input dan output

Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

  1. Microcomputer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

  1. Engineering Workstation

Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.

  1. Minicomputer

Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan.

Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

  1. Mainframe

Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

  1. Supercomputer

Komputer ini merupakan komputer yang powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

  1. Komputer Berdasarkan Data yang Dioalah

Berdasarkan data yang diolah, komputer dapat dibedakan menjadi :

  1. Komputer Analog

Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

  1. Komputer Digital

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

  1. Komputer Hybrid

Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

  1. Komputer Berdasarkan Penggunaanya
    1. Special Purpose Computer

Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.

  1. General Purpose Computer

Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

  1. Komputer Berdasarkan Skala Kemampuannya

Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.

  1. Small Scale Computer

Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

  1. Medium Scale Computer

Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .

  1. Large Scale Computer

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

  1. D.    REVOLUSI INTERNET

1.961 Juli: Kertas Pertama pada Teori Packet Switching, Leonard Kleinrock, “Informasi Aliran dalam Jaring Komunikasi Besar.”, RLE Laporan Triwulan. Ini adalah pekerjaan teoritis yang meyakinkan Roberts bahwa paket dapat digunakan untuk internet.

1.962 Agustus: Kertas Pertama pada Konsep Internet oleh J.C.R. Licklider & Welden Clark, “On-Line Man Computer Communication”. Oktober: Program Komputer ARPA Begins, J.C.R. Licklider menjadi pertama ARPA IPTO Direktur. Menulis makalah internal pada Jaringan Galactic. Lick daun di 64. Itu konsep Licklider, yang mendorong Roberts untuk membangun Internet.

1.964 Buku – Nets Komunikasi oleh Leonard Kleinrock menyediakan desain jaringan dan teori antrian yang diperlukan untuk membangun jaringan paket. Karya ini merupakan faktor utama dalam merancang jaringan komunikasi untuk ARPANET.

1.965 Oktober: Percobaan Jaringan Pertama Aktual, Lincoln Labs TX-2 terkait dengan SDC ini P32, Lawrence Roberts, MIT Lincoln Labs. Penelitian ini adalah pertama kalinya dua komputer berbicara satu sama lain dan paket pertama kali digunakan untuk berkomunikasi antar komputer.

1.969 April: Request For Comments (RFC) # 1, “Host Perangkat Lunak” rilis, ditulis oleh Steve Crocker, meliputi Host-to-Host protocol, output pertama dari Jaringan Kelompok Kerja (NWG). Crocker telah diminta oleh ARPA untuk mengumpulkan tim, NWG, untuk merancang dan menentukan Protocol host pertama. Ini adalah usaha besar, membutuhkan kejelian yang cukup ke dalam aplikasi yang mungkin datang di Internet.

1.971 September: Terminal Antarmuka Pertama Processor (TIP) di ARPANET memungkinkan terminal untuk langsung dial ke jaringan, sangat meningkatkan pertumbuhan jaringan.

1.972 Maret: Pertama Program Email dasar, SNGMSG dan READMAIL ditulis oleh Ray Tomlinson di BBN. Surat spooled keluar seperti cetakan teletype. Juni: Lawrence Roberts menerbitkan teori untuk ALOHA Slotted, peningkatan dua kali lipat dalam efisiensi untuk transmisi paket acak oleh beberapa operator.  Sekarang dasar standar WiFi. Juli: Email Program Manajemen Pertama, RD ditulis oleh Larry Roberts di ARPA untuk daftar pesan yang masuk dan forwarding dukungan, pengarsipan, dan menanggapi mereka.

1.975 Maret: Ethernet Paten diajukan di Xerox PARC dirancang oleh Robert Metcalfe. Bob telah memperluas konsep packet radio ALOHA dan diterapkan ke kabel.

1.983 ARPANET dikonversi untuk menggunakan TCP / IP. DCA Splits MILNET off dari ARPANET meninggalkan 68 node pada ARPANET dan 45 pada MILNET, jaringan militer. November: Domain Name System (DNS) Dirancang oleh Jon Postel, Paul Mockapetris, Craig Partridge dan untuk mendukung ruang pengalamatan, menciptakan edu, gov, com, mil, org, bersih, & int.

1.986 NSF backbone NSFNET Mengorganisir untuk menghubungkan lima pusat superkomputer dan interkoneksi semua situs Internet lainnya pada 56 KB.

1.977 Oktober: Pertama TCP Operasi di ARPANET, Packet Radio Net, dan SATNET (jaringan satelit).

1.978 Maret: TCP Membagi menjadi TCP dan IP oleh Vinton Cerf, Jon Postel, dan Danny Cohen, di mana TCP adalah L4 end-to-end proses dan IP adalah L3 jaringan routing proses.

2003 Juli: Caspian Networks memperkenalkan router aliran pertama di mana semua TCP / IP arus dikelola untuk mengendalikan laju dan penundaan, akhirnya mendapatkan Kualitas sebenarnya dari layanan (QoS) menggunakan TCP / IP IPv4. Biaya mengurangi memori diizinkan negara aliran dipertahankan selama aliran setiap tanpa kehilangan skalabilitas. Hal ini juga diizinkan lalu lintas P2P harus dikontrol agar tidak menggunakan sumber daya jaringan yang berlebihan.

2007 Anagran merilis FR-1000, aliran IP pertama sistem manajemen untuk secara akurat mengendalikan laju setiap aliran TCP dan dengan demikian dapat mencampur data, suara dan video dalam satu jaringan tetap menjaga antara 90% dan pemanfaatan 99%.

   V.          KESIMPULAN

Komputer  merupakan alat elektronik yang berfungsi mengolah data sesuai program aplikasinya sehingga dapat menghasikan informasi yang dibutuhkan. Dalam perkembangannya Komputer selalu ditingkatkan Inovasi dan kecanggihannya sehingga mempermudah dan mempercepat pekerjaan mengolah data sesuai dengan kebutuhannya.

Komputer sangat mempengaruhi perkembangan teknologi informasi, semakin berkembangnya komputer maka semakin mudah dan cepat mendapatkan informasi. Tanpa kita sadari secara langsung kita amat sangat membutuhkan Kompputer dan dengan segala kegunaannya, dalam kehidupan sehari-hari kita pasti bertemu dengan teknologi, mulai dari sistem teknologi yang sederhana atau yang tercanggih sekaipun.

Melalui makalah ini semoga kita semakin terbuka dan mengetahui tentang pesatnya Sitem Informasi dan Komputerisasi.

Semoga semua informasi yang terdapat dalam makalah ini berguna untuk kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VI.          DAFTAR PUSTAKA

  1. Jogiyanto, H.M, 1990. Pengenalan Komputer, Yogyakarta:
  2. BugisHq blogspot.2011. Hubungan teknologi dengan computer.http://bugishq.blogspot.com//
  3. 3.     H.Blissmer,Robert.,Computer Annual.
  4. 4.     H.Sanders,Donald. Computer Today 
  5. 5.     V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky. Computer Organization.
  6. M.Fouri,William. To The Computer, The Tool Of Busines..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: